Agam  

Raudah Farm IV Nagari Siap Penuhi Kebutuhan Sapi Kurban

LUBUK BASUNG. Permintaan sapi kurban ke usaha ternak sapi Raudhah Farm di Bawan IV Nagari cukup tinggi. Tahun ini usaha yang dikelola oleh Firdaus M.Si itu menyediakan 65 ekor sapi korban, separuh diantaranya sudah ada pembelinya.

“Alhamdulilah permintaan tahun ini masih tinggi, mudah mudahan kami bisa memenuhi kebutuhan untuk kurban” kata Jero, pengelola penggemukan sapi Raudhah Farm hari ini (10/6).

Khusus untuk kurban, kata Jero umumnya sapi yang disediakan adalah sapi jantan kampung. “Kalau untuk kebutuhan lokal, panitia kurban lebih suka sapi kampung ” katanya.

Harga rata rata sapi kampung untuk kurban saat ini antara Rp.16 juta sampai Rp 19 juta, tergantung besar dan berat sapi .” Sapi kami disini ditimbang langsung, jadi jumlah daging bisa dihitung pasti ” katanya.

Kalau untuk kebutuhan kota Padang, khusus surau TV, kata Jero, permintaan adalah Sapi Bali. ” Kelebihan Sapi Bali, ukuran sama dagingnya lebih banyak jika dibanding sapi kampung, orang surau TV sudah pesan 30 ekor ” katanya.

Untuk jenis sapi korban ini kata Jero, lain daerah lain kesukaan. ” Kalau Payakumbuh atau 50 Kota, banyak permintaan sapi betina, sapi betina itu harga lebih murah daging nya banyak ” katanya..

Walau begitu, pihak Raudah menyiapkan sapi yang masuk untuk persyaratan korban. “Kalau jawi jantan sudah tanggal gigi nya, tumbuh tanduk dan sehat. Kalau betina tidak yang sedang bunting atau menyusui ” katanya.

Raudah Farm yang melakukan usaha sapi sejak 4 tahun lalu selain melakukan penggemukan sapi untuk kebutuhan korban dan kebutuhan pasar harian, juga mengembangkan sapi ternak jenis Sapi Bali.

“Kalau untuk pengembangan, kita menggunakan lahan sawit milik warga, diberdayakan para warga pemilik lahan dengan sistem bagi hasil ” kata Jero. (MK).