Diduga Terlibat Jaringan Teroris, Warga Tanah Datar Diamankan Densus 88

  • Whatsapp
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu. (*)

TANAH DATAR – Diduga terlibat jaringan teroris dan tergabung dalam kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) seorang pria ber- KTP Tanah Datar diamankan Densus 88 di Solo, Jawa Tengah.

Diamankannya pria berinisial REP alias Abu Yusuf itu dibenarkan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Sabtu (23/5) di Padang.

Bacaan Lainnya

“REP masuk Daftar Pencarian Orang dan ditangkap Kamis 23 Mei 2020. Pria ini berasal dari Kabupaten Tanah Datar,” katanya.

Dijelaskan Stefanus Satake, saat mengamankan REP di Solo Densus 88 AT Mabes Polri tidak mengamankan barang apapun karena saat itu kamar dalam keadaan kosong.

“Pada hari Kamis, 21 Mei 2020 pukul 17.45 WIB sampai 19.00 WIB di Jorong Koto Gadih Nagari Limo Kaum, Tanah Datar personil Densus 88 berkordinasi dengan Polda Sumbar melakukan penggeledahan di rumah REP didampingi Kepala jorong Koto Gadih dan Ketua pemuda Koto Gadih,” jelasnya.

Dari penggeledahan kamar di kediaman REP Polda Sumbar mengamankan buku tentang jihad dan dua kantong plastik warna hitam.

“Penggeledahan rumah itu dilakukan setelah REP diamankan Densus 88 AT Mabes Polri pukul 12.55 WIB di kost yang beralamat di Losari, Pasar Kliwon, Kota Surakarta,” ungkapnya.

Ditambahkannya, berdasarkan keterangan yang dikumpulkan Densus 88, REP sebagai warga pendatang tidak pernah bergaul dengan masyarakat dan masih penggangguran. Ia terpantau lebih sering keluar kamar pada waktu malam hari dan menjalankan ibadah sholat di masjid Al Amin Losari Semanggi Pasar Kliwon Surakarta.

Hingga berita ini diturnkan, REP masih menjalani pemeriksaan lanjutan di Brimob Polda Jateng. (mat)

Pos terkait