Besok 15 Ramadhan, Dukhan Dimulai?

  • Whatsapp

Oleh : M.Khudri

Dukhan adalah kabut asap yang gelap, tebal, tidak ada oksigen dan teramat panas sehingga mengakibatkan bumi gelap gulita selama 40 hari 40 malam. Dalam Alquran ada sebuah surah yakni Ad Dukhan yang terdiri dari 59 ayat. Kata Ad Dukhan tertulis pada ayat ke 10 surat ini,”Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata” .

Bacaan Lainnya

Perawi hadist termashur dan terpercaya Bukhari secara ringkas menerangkan bahwa orang-orang kafir Mekah menghalang-halangi agama Islam bahkan menyakiti dan melukai Nabi Muhammad SAW. Sehingga Nabi berdoa agar orang-orang yang mencelakai Nabi diberi azab oleh Allah sebagaimana orang-orang yang aniaya kepada nabi terdahulu.

Tapi akhir-akhir ini, berkembang informasi dukhan itu akan turun pada 15 Ramadhan 1441 H, atau Jumat besok 8 Mei 2020. Besok pagi bumi akan dihantam batuan angkasa luar asteroid yang besarnya dengan bermacam-macam perkiraan. Ada yang menyebut sebesar stadion sepakbola bahkan ada menyebut sebesar pulau. Disebutkan akan terjadi ledakan dahsyat yang mengguncangkan bumi, mengakibatkan gempa bumi dahsyat, tsunami besar, itulah awal kabut asap atau Dukhan itu.

Dari mana sumber informasi itu? Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud, berkata Rasulullah,

“Apabila terdengar suara yang dahsyat pada bulan Ramadan, maka akan terjadi huru hara di bulan Syawal.
Akan banyak golongan manusia yang memisahkan diri di bulan Dzulqa’dah. Akan terjadi pertumpahan darah pada Dzulhijjah dan Al Muharram”.

Apa yang harus dilakukan pada bulan Al Muharram? Rasulullah mengulangi hal tersebut sampai tiga kali. Sangat disayangkan sekali manusia saat itu membunuh dan keadaannya sangat kacau.

Maka kami bertanya, “Apa suara dahsyat itu wahai Rasulullah? Rasulullah menjawab, suara itu terjadi di pertengahan bulan Ramadhan, bertepatan dengan malam Jumat dan suara dahsyat itu akan membangunkan orang-orang yang sedang tidur, menjatuhkan orang-orang yang sedang berdiri dan menjadikan para wanita terlempar keluar kamarnya.  Pada saat itu akan banyak terjadi gempa bumi dan cuaca sangat dingin. Hal itu apabila pertengahan bulan Ramadhan ditahun itu bertepatan dengan malam Jumat.
Jika kalian telah melaksanakan salat Subuh di hari Jumat itu, maka masuklah ke dalam rumah kuncilah pintu pintu rumah, tutup lah lubang lubangnya, lindungi diri kalian dengan selimut, tutuplah telinga kalian.
Jika kalian merasakan dahsyat, maka agungkan Tuhan dengan bersujud, berdoalah dengan membaca subhanal, subhanal quddus, subhanal quddus. Orang yang melakukan itu akan selamat yang tidak akan celaka”

Dari berbagai sumber diketahui hadist itu terdapat dalan kitab Al Fitan karya Imam Nu’aim bin Hammad, guru Imam Al Bukhari salah satu dari perawi hadits terkenal.

Pos terkait