Stok Kebutuhan Pokok Masih Aman Hingga Lebaran

oleh -285 views
Pasar. (antara)

PADANG – Menjelang Idul Fitri, Pemko Padang mengharapkan masyarakat dapat berbelanja dengan bijak sesuai kebutuhan sekaligus untuk menjaga harga bahan pokok tidak melonjak.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal saat diseminasi informasi di media center Dinas Kominfo Kota Padang, Rabu (22/5)

“Saat ini bisa dikatakan bahan pokok kita masih dalam stok aman dan mencukupi untuk dua bulan setelah lebaran. Karena itu masyarakat tidak perlu khawatir dan membeli kebutuhan pokok dengan berlebihan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait sudah berkomunikasi dengan pihak terkait lain seperti, dinas provinsi, pusat, bulog dan lainnya. Pihaknya akan mengusahakan lonjakan harga tidak berlangsung lama.

“Apabila hari ini ada lonjakan harga untuk salah satu bahan pokok, kami akan langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menambah stok. Memang ini membutuhkan waktu satu atau dua hari. Setelah itu akan kembali normal,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Perdagangan sudah meminta kepada distributor untuk tidak menaikkan harga. Apabila distributor masih menaikkan harga, pihaknya akan segera laporkan ke satgas.

“Yang jelas kita akan terus upayakan agat tidak ada lonjakan harga yang signifikan menjelang lebaran ini,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Pangan Kota Padang memprediksi ada sekitar 4.731 ton beras akan dihasilkan dari panen padi di Bulan Mei ini. Panen kali ini akan menjamin ketersediaan dan harga beras akan stabil sampai setelah Idul Fitri pada Juni nanti.

“Insya Allah dalam beberapa bulan ke depan masih aman, dengan stok yang ada pada kita ditambah dengan panen pada Mei ini sekitar 4.731 ton,” kata Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Syahrial, kemarin. (syawal)

Loading...