Polres Dharmasraya Launcing Palanta Mediasi Kamtibmas

  • Whatsapp

Dharmasraya – Polres Kabupaten Dharmasraya launcing Palanta Mediasi Kamtibmas, Selasa (20/10). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mapolres setempat merupakan program inovatif guna menjaga stabilitas Kamtibmas tetap kondusif, aman dan sejuk, di seluruh wilayah hukum polres Dharmasraya.

Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah menyebutkan, program tersebut merupakan sebuah wadah untuk penyelesaian berbagai permasalahan Kamtibmas yang ada dan terjadi ditengah-tengah masyarakat.

“Dalam pelaksanaanya, Palanta Mediasi juga melibatkan kelompok masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang telah dikukuhkan secara simbolis oleh Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Toni Harmanto, pada 22 September di gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, ” terang Kapolres.
⁣⁣⁣
Katanya, dengan keterlibatan elemen masyarakat diharapkan dapat mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami, mengidentifikasi dan memecahkan permasalah yang ada melalui jalan mediasi dengan melibatkan personel Polri, niniak mamak dan tokoh masyarakat.⁣
⁣⁣⁣
“Palanta Mediasi ini akan dilaksanakan oleh Polsek sejajaran Polres Dharmasraya yang dikoordinir oleh Sat Binmas Polres Dharmasraya,” katanya.
⁣⁣⁣
Kapolres berharap dengan adanya Palanta Mediasi mampu menjadi sarana dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang lebih Kondusif dan nyaman.

“Palanta Mediasi ini akan ada di seluruh Polsek di jajaran Polres Dharmasraya. Sehingga kedepannya tindak pidana yang mudah di luar pengadilan (Non Litigasi) bisa diselesaikan dengan melibatkan masyarakat dengan mengedepankan kearifan lokal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Pokdar Kamtibmas Sumbar, Triski menyampaikan ucapan terimakasih atas terbentuknya Pokdarkamtibmas kota dan kabupaten. Begitu juga dengan pengurus dan masyarakat yang sudah mau membagi tenaga, fikiran, waktu dan materi.

Katanya, kepengurusan Pokdar Kamtibmas juga melibatkan alim ulama, cadiak pandai, penghulu, lima perguruan tinggi besar di Sumatera Barat, Ketua Dewan Masjid, tokoh agama, Ketua LKAAM, Ketua berbagai Ormas, pejabat pemerintah dan berbagai profesi yang siap membantu masyarakat.

“Dengan semakin dekatnya pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Dharmaseaya, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar pada Pilkada 2020, diharapkan anggota Pokdar Kamtibmas dapat turut serta menjadi pelopor dalam mengamankan dan mengawal jalannya pesta demokrasi ini,” pungkasnya. (Roni)

Pos terkait