Padang  

Dinas Pendidikan Buka Pendaftaran Siswa SMA/SMK Jalur Khusus, Ini Syaratnya

PADANG – Dinas Pendidikan Sumbar membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK jalur khusus. Siswa yang memiliki prestasi dibidang O2SN dan FLS2N atau Olimpiade Sain Nasional (OSN) bisa diterima asal memiliki nilai matematika dan IPA minimal 7.00.

Jalur Tahfiz Alquran, siswa minimal harus hafal 3 juz Alquran, sama dengan jalur prestasi siswa harus memiliki nilai matematika dan IPA minimal 7.00.

Kemudian jalur khusus boarding school, siswa harus memiliki nilai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS dari semester 1 sampai dengan V minimal 75.

Menariknya, Dinas Pendidikan memberlakukan jalur khusus anak, guru, kepala sekolah, staf sekolah yang bersangkutan. Artinya, jika guru, kepala sekolah, staf sekolah yang memiliki anak yang akan memasuki sekolah SMA atau SMK maka akan mendapatkan prioritas masuk di sekolah tempatnya mengabdi.

“Jadi hanya di sekolah tempat dia mengabdi, tidak prioritas di sekolah lain. Catatannya, adalah anak kandung. Karena ini bentuk penghargaan bagi guru, kepala sekolah dan staf. Selain itu juga akan membuat guru akan lebih fokus untuk mengajar karena anaknya sudah dekat dengan dirinya,”ungkap Kepala Dinas PendidikanSumbar Burhasman, kemarin. (yose)