Warga Pauh Kaget, Anak Buaya Muara Nyelonong Masuk Dapur

  • Whatsapp
Petugas Damkar Padang pamerkan anak buaya Muara yang berhasil dievakuasi di rumah warga di Kantor Damkar, Rabu (3/6). (Deri oktazulmi)

PADANG – Warga Komplek Pemda Kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh, heboh setelah ditemukan seekor anak buaya di dalam dapur rumah warga, Rabu (3/6) sekitar pukul 09.00 WIB.

Anak buaya yang ditemukan di dapur di salah satu rumah warga di sana, diketahui berjenis buaya muara. Mengetahui hal itu, warga setempat melaporkan kepada petugas pemadam kebakaran.

Setelah mendapat laporan dari warga setempat, petugas Pemadam Kebakaran Padang langsung ke lokasi dan mengevakuasi anak buaya tersebut. Tidak butuh waktu lama, anak buaya yang diperkirakan berusia dua sampai tiga bulan ini berhasil dievakuasi.

Kepala Bidang Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Padang, Basril, mengatakan, setelah anak buaya ini dievakuasi, pihaknya langsung membawa satwa reptil tersebut ke kantor Damkar.

Setelah itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) dan Dinas Kehutanan Sumbar.

“Ini bisa meresakan masyarakat, sebab buaya bukan biawak. Kalau dibiarkan tumbuh besar bisa membahayakan keselamatan,” kata Basril. Dikatakan, satwa ini merupakan hewan yang dilindungi. Pihaknya akan menyerahkan anak buaya ke BKSDA untuk dikarantina.

“Alhamdulillah, buaya sekitar 80 centimeter dalam kondisi sehat. Tidak ada luka sedikitpun dalam penangkapan,” ujar Basril.

Sementara itu, Kasatwil Polisi Kehutanan Dinas Kehutanan Sumbar, Sarni, mengatakan, anak buaya ini habitatnya di kawasan muara. Pihaknya akan berkoordinasi dengan BKSDA, kenapa satwa ini bisa sampai ke perumahan masyarakat.

“Perlu penyelidikan asal muasal bisa sampai ke sana. Kami karantina dulu di BKSDA Sumbar untuk mengetahui jenis kelamin, belum tahu da‎n usia pastinya berapa. Nanti ada SOP-nya,” tutupnya. (deri)

  • Whatsapp

Pos terkait