Temui PT KAI, Pariaman Ingin Mendirikan Museum Kereta Api

  • Whatsapp
Walikota Genius Umar dan rombongan melakukan kunjungan ke Kantor Divre Sumbar. (kominfo)

PARIAMAN – Walikota Genius Umar mengunjungi Divisi Regional II PT KAI (Kereta Api Indonesia) Sumatera Barat di Padang, Selasa (21/7). Kunjungan ini menindaklanjuti Kunjungan Kadivre (Kepala Divisi Regional) II PT KAI Sumbar, Insan Kesuma dan jajaran ke Pemko Pariaman beberapa hari lalu.

Kehadiran Walikota dan rombongan dalam rangka menjajaki permintaan Pemerintah Kota Pariaman kepada PT KAI tentang lokomotif dan gerbong kereta api. ” Lokomotif dan Gerbong kereta api ini akan dijadikan museum di Kota Pariaman,” ucap Genius Umar.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Walikota, Kota Pariaman mempunyai sebuah sejarah tentang perkereta apian di Indonesia. Stasiun Pariaman dan jalurnya ini, dibangun sekitar 1891-1894, dan pertamakali digunakan pada 1908 oleh Belanda. Karena itu, Stasiun Pariaman ini telah dicatat sebagai salah satu bangunan cagar budaya yang ada di Kota Pariaman.

Selanjutnya, dengan adanya museum Kereta Api di Kota Pariaman nantinya, secara tidak langsung juga dapat memajukan Pariwisata Kota Pariaman. Otomatis bertambahnya destinasi baru kunjungan orang ke Kota Pariaman.

Sementara itu, Kadivre II PT KAI sumbar, Insan Kesuma menyambut baik kunjungan Walikota Pariaman dan rombongan di kantornya. “Kami menyambut baik niat baik pak Walikota, dan pembicaraan ini nantinya akan kami sampaikan ke pimpinan kami yang ada di pusat,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Kadivre KAI Sumbar membawa keliling rombongan Walikota Pariaman untuk melihat apa saja yang ada di Divisi Regional II PT KAI Sumatera Barat. Insan Kesuma juga menjelaskan property yang ada yang berasal dari zaman peninggalan belanda yang masih ada di Divre II PT KAI Sumbar ini. (agus)

Pos terkait