Padang  

Sumbar Targetkan Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2020

PADANG-Sumatra Barat akan berusaha keras untuk bisa menjadi tuan rumah MTQ nasional di 2020. Untuk mendapatkan kesempatan tersebut, maka sarana dan prasarananya harus disiapkan dari sekarang, agar bisa diloloskan Kementerian Agama.

“Secara fasilitas kita di 2020 sudah siap, ditambah dengan daya tampung hotel yang cukup. Jadi tinggal lobi-lobi di Kementerian Agama, agar hasrat menjadi tuan rumah 2020 menjadi kenyataan,” kata Wakil
Gubernur Sumbar Nasrul Abit, setelah membuka rapat kerja LPTQ Sumbar 2018, di Aula Asrama Haji Tabing Padang, Jumat (11/5).

Ia mengatakan, kerjasama dan koordinasi dengan semua pihak sangat dibutuhkan, agar niat tersebut menjadi nyata. Tanpa kerjasama semua pihak, maka Sumbar tidak akan pernah menjadi tuan rumah MTQ.

Terkait penerapan e-MTQ, ia berharap agar disosialisasikan, dilatih, dan menerapkan e-MTQ dalam pelaksanaan MTQ tingkat Sumbar dan kabupaten/ kota se-Sumbar. Selain itu juga perlu ditetapkan standa rkompetensi dewan hakim, sesuai bidang masing-masing kecuali pada spesialisasi/keahlian tertentu.

“Pelatihan panitera dan operator IT dalam penilaian musabaqah, menvalidasi database dewan hakim dan peserta MTQ,” katanya.

Ia juga menghimbau untuk meningkatkan gerakan baca tulis dan pemahaman Al-Qur’an melalui lembaga–lembaga keagamaan terkait berbagai jalur dan jenjang yang ada di masyarakat. Selain itu, juga mengoptimalkan lahirnya pondok-pondok Al-Qur’an mulai dari provinsi, kab/kota, kecamatan sampai ke tingkat nagari.

Sementara Kanwil Kemenag Sumbar, H.Hendri mengatakan, saat ini sistem pendaftaran sudah menggunakan aplikasi elektronik MTQ atau e-MTQ.