Riza Falepi: Geothermal dan Pariwisata Masa Depan Sumbar

  • Whatsapp

PADANG-Impian Riza Falepi untuk menjadikan Sumatera Barat melesat dan setara dengan provinsi maju lainnya begitu besar. Geothermal dan pariwisata adalah potensi yang bisa membuat daerah ini melesat maju.

Hal itu diungkapkan Riza Falepi saat bincang-bincang dengan Topsatu.com beberapa waktu lalu. Menurut sosok muda yang sukses memimpin Kota Payakumbuh dua periode ini, Sumbar memiliki sumber panas bumi yang besar. Potensi panas bumi bisa diolah sebagai energi terbarukan. Ini akan mendorong kemajuan daerah dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga

Geothermal Sumbar telah berhasil diolah sebagai energi. Pembangkit listrik tenaga panas bumi dikelola oleh perusahaan lokal yang melibatkan Francis dan Jepang. Operasional pembangkit listrik ini akan menjadi solusi terhadap pemadaman yang sering terjadi.

Pengelolaan panas bumi juga akan berdampak pada pendapatan asli daerah dengan adanya bagi hasil. “Energi terbarukan ini adalah potensi besar kita,” ujar Riza.

Untuk mengeksploitasi energi terbarukan panas bumi membutuhkan biaya yang tak sedikit. Karena itu dibutuhkan investasi. Investasi mesti didorong. Selain itu diciptakan iklim investasi yang baik, sehingga para investor tertarik berinvestasi di Sumatera Barat.

Sebagai seorang insinyur alumni ITB, Riza Falepi tahu betul potensi geothermal yang dimiliki Sumatera Barat. “Kita bisa menjadi daerah yang maju dengan memanfaatkan potensi kita sendiri,” tambah Riza.

Terkait dengan potensi pariwisata, Riza bertekad membangun tol pariwisata. Tol pariwisata adalah akses jalan yang baik yang menghubungkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Sumatera Barat. (Rizal)

Berita Terkait