Penuhi Kota 100 Persen, PSI Daftarkan 655 Bacaleg

oleh -898 views
ari prima

 

PADANG-Sebagai partai baru yang tadinya dianggap sebelah mata, Partai  Solidaritas Indonesia (PSI) mulai memperlihatkan tanda-tanda akan menjadi partai besar. Soalnya, dari seluruh parpol peserta Pemilu Legislatif 2019, PSI salah satu parpol yang memenuhi kuota baca­leg 100 persen.

“Alhamdulillah, bacaleg yang kita daftarkan ke KPU Sumbar untuk DPRD Sumbar dan bacaleg di 19 kabupaten/kota ke KPU masing-mas­ing, terpenuhi semua. Tidak ada daerah pemilihan (dapil) yang bolong dari total 65 dapil untuk kabupaten/kota dan delapan dapil untuk provinsi,” kata Ketua DPW PSI Sumbar, Ari Prima kepada topsatu.com kemarin di Padang.

Untuk DPRD Sumbar, PSI mendaftarkan 65 bacaleg yang terbagi dalam delapan daerah pemilihan (dapil) dan untuk 19 DPRD kabupaten/kota se-Sumbar, PSI daftarkan 590 bacaleg.

Ari yang menjadi bacaleg untuk DPR dari Dapil Sumbar 1 menjelas­kan, sebagai parpol baru, melihat kenyataan itu, tentu menggem­birakan sekaligus menjadi motivasi untuk terus bergerak dan diminati masyarakat. Apalagi parpol lama masih ada yang tidak memenuhi kuota bacaleg yang disediakan di sebuah dapil.

“Ada partai yang sudah lama eksis, tapi bacaleg yang didaftarkan ke KPU kurang dari alokasi maksimal yang disediakan. Kita sebagai partai baru, cukup di semua dapil. Ini modal awal bagi kami untuk menatap Pemilu 2019,”terangnya.

Khusus untuk bacaleg DPRD Sumbar sebanyak 65 orang (100 persen), Ari menjelaskan, sesuai komitmen dan arak gerak PSI sejak dila­hirkan, juga dominan anak muda. Usia di bawah 35 tahun sebanyak 56 orang (76 persen) dan di atas 35 tahun 15 orang (24 persen).

Begitu pula untuk kuota 30 persen caleg perempuan. PSI Sumbar mendaftarkan 27 bacaleg perempuan (42 persen) dan bacaleg laki-laki 38 orang (58 persen).

“Jadi untuk cakeg perempuan mencapai 42 persen dan caleg anak muda mencapai 76 persen. Calehg perempuan dan anak muda yang kami daftarkan ke KPU, bukan asal-asalan pula, melainkan kompetensinya diakui dan secara kapasitas tidak diragukan,” kata dia.

Sedangkan bacaleg PSI untuk 19 kabupaten/kota, persentasenya 40 persen perempuan dan 60 persen laki-laki. Juga didominasi anak muda. (efendi)

Loading...