Penerimaan Peserta Didik Baru SMA/SMK Sumbar Dibuka 25 Juni

oleh -2.376 views
Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri memberikan keterangan terkait jadwal penerimaan peserta didik baru tingkat SMA, SMK dan SLB negeri di Sumbar.(bambang)
PADANG-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA, SMK dan SLB negeri di Sumatera Barat segera dimulai pada 25 Juni mendatang. Pendaftaran mengacu kepada Permendikbud No. 51 tahun 2018 yang mengatur sistem zonasi.
“Namun yang diberlakukan adalah zonasi kabupaten/kota, bukan tempat tinggal,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri kepada wartawan, Kamis (20/6) di Padang.
Dia mengatakan, pembukaan PPDB di Sumbar agak terlambat dari daerah lain, karena sebelumnya sempat terganjal dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Sumbar.
“Pergub kan harus terlebih dahulu difasilitasi oleh Kemendagri. Tapi sekarang sudah selesai, sehingga kita segera buka pendaftaran,” kata Adib didampingi Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar Jasman dan pejabat Dinas Pendidikan lainnya.
Dia mengatakan penyelenggaraan PPDB SMA, SMK dan SLB negeri akan dilaksanakan secaa objektif, transparan, akuntabel dan tidak diskriminatif.
Penerimaan siswa SMA, SMK dan SLB negeri di Sumbar melalui beberapa jalur yakni pertama; zonasi 90 persen yang dibagi menjadi tiga kategori yakni dalam zonasi 80 persen, prestasi dalam zonasi 5 persen dan anak kandung guru dan tenaga kependidikan (GTK) 5 persen. Kedua luar zonasi prestasi  5 persen dan ketiga perpindahan orang tua 5 persen.
Untuk pendaftaran dibuka dalam beberapa tahap. Pada 25-28 Juni dibuka pendaftaran offline (calon siswa langsung ke sekolah yang dituju) bagi peserta luar zonasi untuk jalur prestasi dan perpindahan orang tua serta dalam zonasi untuk jalur prestasi dan anak GTK.
Untuk pengumuman calon diterima pada 29 Juni dan pendaftaran ulang bagi yang diterima pada 1 Juli. “Untuk jalur prestasi dan anak guru baik dari dalam maupun luar zonasi dilakukan secara offline guna langsung memeriksa berkasnya,” kata Adib.
Untuk pendaftaran online melalui website pendaftaran ppdbsumbar.id dilaksanakan dua tahap yaitu tahap pertama tanggal 4-6 Juli dengan pengumuman pada 8 Juli dan pendaftaran ulang pada 8-10 Juli. Tahap kedua dilaksanakan pendaftaran pada 11-12 Juli, pengumuman dan daftar ulang pada 13 Juli.
Pendaftar PPDB 2019 Sementara untuk sekolah yang tidak memiliki jaringan internet dilakukan pendaftaran offline ke sekolah yang dituju dengan dua tahap. Tahap 1 dilaksanakan pendaftaran pada 4-6 Juli, pengumaman pada 8 Juli dan daftar ulang 8-19 Juli. Kemudian tahap 2 pendaftaran dibuka pada 11-12 Juli, pengumuman dan daftar ulang dilaksanakan pada 13 Juli.
“Sementara untuk hari pertama masuk sekolah dilaksanakan pada 15 Juli,” pungkasnya.(105)
Loading...