Pemkab OKU Studi Tiru  ke DPMPTP Padang Pariaman

oleh
Kepala DPMPTP Padang Pariaman, Hendra Aswara (tengah) saat menerima kunjungan studi tiru dari pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kamis (6/12). (Darmansyah)

PARIK MALINTANG – Sesuai rekomendasi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan melaksanakan studi tiru ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Padang Pariaman, Kamis (6/12).

Rombongan dari OKU yang dipimpin Asisten 2, Fahruddin, disambut gembira oleh Kadis DPMPTP Padang Pariaman, Hendra Aswara beserta jajarannya. Mereka sempat mengadakan pertemuan selama kurang-lebih dua jam.

Fahruddin sempat mengapresiasi DPMPTP Padang Pariaman yang mampu menjalankan Pelayanan Perizinan Terintegrasi secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) yang diluncurkan pemerintah pusat.

Dia mengatakan sebelumnya mereka (Pemerintah OKU) pernah juga melakukan studi tiru ke salah satu daerah yang dinilai cukup maju. Tapi, diperbandingkan, Padang Pariaman ternyata jauh lebih baik. Jadi, wajar pemerintah pusat memberikan penghargaan buat daerah yang dipimpin oleh Bupati Ali Mukhni tersebut.

Sebelumnya Hendra Aswara menyampaikan bahwa untuk melaksankan OSS, Padang Pariaman membuat sebuah inovasi yang lebih dikenal dengan sebutan Papa JOSS (Padang Pariaman Jemput Online Single Submission).

Meskipun suatu perusahaan bisa melakukan pendaftaran secara online untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), sebagai mana diharuskan pemerintah pusat, DPMPTP tetap memberikan bantuan pelayanan untuk pengurusannya tanpa bayaran.

“Alhamdulillah, sejak ada Papa JOSS, sekarang telah banyak perusahaan yang memiliki NIB,” ujar Hendra, pejabat yang baru saja menerima penghargaan, yaitu sebagai penyelenggara pelayanan publik terbaik tingkat nasional. (darmansyah)

Loading...