Operasi Mantap Braja 2019 Dimulai

oleh -417 views
Bupati bersama Forkopimda membacakan kebulatan tekad Pemilu Basunsanak di Tanah Datar Luhak Nan Tuo - bakhtiar danau.
BATUSANGKAR-Kapolres Tanah Datar, AKBP H. Bayuaji Yudha Prajas meminta pelaksanaan pemilihan umum badunsanak, berjalan aman dan damai di Tanah Datar Luhak Nan Tuo. Itu diutarakannya saat apel gelar Pasukan Operasi Mantap Braja (POMB) 2019 di pelataran lapangan Cinto (Cinduo Mato), Batusangkar.
Dalam melaksanakan tugas, personil POMB akan mengedepankan preventif demi terealisasinya pemilu Badunsanak sekaligus ketertiban umum.
“Untuk itu, POMB akan berusaha menjamin rasa aman bagi penyelenggara dan peserta pemilu. Masyarakat diharapkan menghadiri di TPS tanpa rasa takut.Kita tidak mengharapkan masyarakat  merasa terancam dalam pelaksanaan pemilu 2019.Jika ada yang merasa terancam silahkan lapor kepada personil POMB,tegas Bayu, didampingi Kabag Ops Polres Kompol Yon Hendri kepada Singgalang,Rabu(19/9).
Menghadapi pelaksanaan kampanye,H Bayu menghimbau parpol peserta pemilu di Tanah Datar melakukan kampanye secara sejuk, damai dan bandusanak.
“Mari kita menciptakan situasi dan kondisi sejuk. Parpol diminta mampu mengendalikan massa kampanye tanpa mengejek massa pendukung parpol lain, sehingga tertanam sifat fair yang siap menang dan siap kalah ,” sebut  Bayu.
Kapolres tidak menginginkan kejadian pada pemilu tahun 2014 terulang di pemilu 2019,yakni,  terjadinya pemilu ulang di Nagari Sawah Tangah,karena tertukar kertas suara, serta perusakan alat peraga kampanye disebabkan rasa tak senang dan cekcok kader partai dengan pihak penyelenggara pemilu.
POMB 2019 yang diturunkan berjumlah 365 personil terdiri dari polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Linmas , FKPM, Damkar, dinas kesehatan. Operasi dimulai Kamis(20/9) hingga  Minggu(20/10/2019). Sedangkan Linmas yang turun 1.912 orang untuk mengamankan 956 TPS dengan jumlah pemilih tetap 204.144 orang.
Dalam gelar POMB, Kapolres membacakan amanat Kapolri Tito Karnavian. Seterusnya dilanjutkan dengan membacakan kebulatan tekad melaksanakan Pemilu Badunsanak oleh Bupati Tanah Datar, Irdinansyah, Kapolres H Bayu,Ketua DPRD Anton Yondra, Kajari Mohd Fatria SH, Ketua MUI, Kepala Kesbangpol Irwan, Ketua Batusangkar dan ketua Parpol Tanah Datar. Aksi tersebut diakhiri pawai keliling Kota Batusangkar oleh POMB 2019.  (bakhtiar danau)
Loading...