Literasi Digital 2021 di Kabupaten Limapuluh Kota

  • Bagikan
Literasi Digital 2021.(ist)

LIMAPULUH KOTA – Webinar Literasi Digital 2021 yang digagas Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika di Sumatera Barat terus berlanjut.

Di Kabupaten Limapuluh Kota, Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang ditargetkan di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung membahas seputar Tips Menjadi Sultan di Era Digital pada Sabtu 18 September 2021 pukul 13.30 WIB.

Sebagai pemeteri, Anggota PPKG LPPM UNS Istar Yuliadi mengatakan, dalam era serba digital kini masyarakat bisnis kreatif.

“Aktivitas ekonomi yang terkait dengan pemanfaatan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Ada peluang bisnis di era digital yang perlu diketahui seperti jualan online yang memasarkan produk melalui media sosial, content creator yang membuat konten-konten menarik disukai banyak orang, dan influencer sebagai sosok yang dijadikan panutan karena pemikiranya atau karya yang dihasilkan,” jelasnya.

Meski begitu ada tantangan dalam berbisnis di era digital di antaranya pengelolaan sumber daya manusia, persaingan yang semakin tinggi, pentingnya kerjasama tim untuk pengembangan usaha, dan kemampuan wirausahawan dalam beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan mengikuti perubahan kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Tips memulai bisnis di era digital dengan cara meninjau kembali model bisnis yang telah ada, melakukan investasi teknologi seperti membuat platform media sosial, menyusun strategi dan target jangka panjang, dan buat strategi pemasaran dengan campaign interaktif dan konten informatif.

Selain itu ada kunci bisnis di era digital yaitu adaptif dan kreatif. Adaptif ialah mudah menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Sementara kreatif yang berorientasi pada kemudahan dan kemungkinan masa depan. Perlu diketahui bahwa Industri 4.0 menekankan pada digitalisasi seluruh kegiatan manusia, terutama di masa pandemi ini, membuat sistem digital menjadi hal yang mutlak karena pembatasan kontak fisik yang harus dilakukan.

Sebelumnya, dalam pembukaan webinar, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“”Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)

  • Bagikan