Januari 2020, RS Siti Rahmah Tidak Lagi Layani Peserta JKN KIS

  • Whatsapp
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Asyraf Mursalina, memberi keterangan terkait kerjasama dengan RS Siti Rahmah yang berakhir 31 Desember 2019. Ist

PADANG-Terhitung Januari 2020, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tidak lagi bekerja sama dengan RS Siti Rahmah Padang. Pelayanan untuk peserta JKN KIS di rs tersebut akan berlangsung hingga akhir Desember 2019.

“Kontrak kerja sama ini dihentikan karena kami dan pihak penyedia kesehatan tidak menemukan kesepakatan untuk melanjutkan kerja sama,” ujar Kepala BPJS Kota Padang, Asyraf Mursalina, Mingg (8/12) diPadang.

Dijelaskannya, kontrak kerjasama dengan RS Siti Rahmah akan berakhir pada 31 Desember 2019. Selama itu semua layanan terhadap pasien JKN KIS akan terus berlangsung. Setelah itu, pasien JKN KIS yang selama berobat di Siti Rahmah akan dialihkan ke sejumlah fasilitas kesehatan lain.

“BPJS diberikan kewenangan oleh Undang-Undang, untuk melanjutkan kerja sama atau tidak pada setiap fasilitas kesehatan,” terangnya.

Dijelaskannya, kerjasama dengan rumah sakit swasta sifatnya sukarela, sama-sama suka dan sama-sama rela. Untuk itu harus tercapai kesepakatan antara BPJS Kesehatan dengan setiap fasilitas kesehatan.

“Kalau sudah tercapai kata sepakat baru kita kerja sama lagi” ungkap Asyraf Mursalina.

Berakhirnya kerja sama dengan RS Siti Rahmah, merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, BPJS Kesehatan Padang juga mengakhiri kerja sama dengan Semen Padang Hospital pada awal Juni 2019.

Saat ini, BPJS Kesehatan Padang memiliki 26 fasilitas kesehatan setelah berakhir kerja sama dengan RSI Siti Rahmah. Wilayah faskes BPJS Kesehatan Padang meliputi Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Mentawai. Terbaru BPJS Kesehatan Padang bekerja sama dengan RS Hermina. Hadirnya rumah sakit yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman itu akan menambah pilihan bagi peserta JKN KIS untuk berobat.

Di sisi lain, kerjasama dengan RS Semen Padang yang sempat terhenti, pada 2020 mendatang direncanakan akan kembali berlanjut.

“Insyaallah kerjasama dengan RS Semen Padang akan kembali berlanjut tahun depan,” katanya.

Berita Terkait