Hutama Karya Hentikan Pengerjaan Tol Padang-Sicincin, Gubernur tak Tahu

  • Whatsapp
Ilustrasi. (ist)

PADANG – Lama berkutat dalam pembebasan lahan tol Padang-Pekanbaru akhirnya PT Hutama Karya Infrastruktur menghentikan pembangunan tol ruas Padang-Sicincin. Penghentian tersebut karena rumitnya pembebasan lahan.

Kebenaran penghentian pembangunan tersebut disampaikan Marthen Robert Singal, Project Director PT Hutama Karya Insfrastruktur Ruas Tol Padang-Sicincin, Jumat (5/3/2021).

Bacaan Lainnya

“Betul pak, Jakarta sudah sampai pada keputusan menghentikan proyek tol Padang. Disebabkan tidak jelasnya kapan pembebasan lahan diselesaikan,”sebut Marthen dihubungi via pesan Whashappp.

Diketahui, tol Padang-Pekanbaru ruas Padang-Sicincin peletakan batu pertama dilakukan Presiden Joko Widodo sejak 3 tahun lalu. Diperkirakan pengerjaan tol itu saat itu hanya dua tahun, namun hingga kini pembangunan ruas tersebut tidak kunjung rampung.

Sebelumnya dijelaskannya, progres saat ini 36,34 persen. Terdiri dari pengadaan lahan sepanjang 6 Km dari rencana 37 Km atau 14 persen pengadaan lahan. Untuk pengadaan lahan dilakukan oleh PUPR dan BPN.

Menariknya, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah membantah penghentian pembangunan tol tersebut. Dia mengaku tidak mengetahui kalau pengerjaan itu dihentikan.

“Siapa bilang dihentikan, saya sendiri gubernur tidak mengetahui kalau dihentikan. Tidak benar itu, hoak itu,”sebutnya. (yos)

Pos terkait