Canduang Koto Laweh Dinilai Tim Lomba Gerakan PKK Tingkat  Provinsi

  • Bagikan

Lubuk Basung – Mewakili Kabupaten Agam, Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam dinilai tim penilai lomba Gerakan PKK Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 diketuai Fitria Amalia Audy, Kamis (17/6).

Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Martias Wanto Dt. Maruhun mengatakan, program pemberdayaan masyarakat melalui 10 porogram pokok PKK yang dilaksanakan kader PKK Nagari Canduang Koto Laweh tidak diragukan lagi, karena telah dilakukan sebagai pengembangan kehidupan keluarga lebih sejahtera.

Dijelaskan, Canduang Koto Laweh salah satu nagari di Kabupaten Agam merupakan nagari bertuah di sektor pendidikan agama, seperti pendiri Madrasah Tarbiyah Islamiah (MTI) Sekh Sulaiman Arrasuli (inyiak Canduang) dan banyak lagi pendiri pndok pesantren di daerah ini.

Tidak hanya itu terang Matias Wanto Dt. Maruhun, Nagari Canduang Koto Laweh berada di kaki gunung merapi berhawa sejuk juga terdapat perajin songket kuno di Jorong Bingkudu memproduksi kain langka dari tenun, seperti songket, sulaman, selendang seta baju khas dengan teknik sulaman yang disesuaikan dengan corak dan motif khas tradisi Minangkabau yang saat ini sudah langka.

Studio Wastra perajin sonket kuno yang digerakkan, Nanda Wirawan putri Bingkudu Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang itu ditinjau langsung oleh tim penilai gerakan PKK tingkat Propinsi didampingi Ketua dan anggota TP PKK Kabupaten Agam.

Yenni Andri Warman Ketua TP PKK Agam pada sambutannya mengatakan, gerakan kader PKK Nagari Canduang Koto Laweh telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK, mulai dari tingkat Jorong samapi ke tingkat nagari.

“Alhamdulillah setelah dilakukan penilaian dan seleksi ke lapangan, ternyata dari 82 Nagari  maka ditetapakn Nagari Canduang Koto Laweh mewakili Agam ke lomba gerakan PKK tingkat Provinsi, tentunya semua kita berharap, semoga Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang meraih juara terbaik di tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional,”  kata Yenni Andri Warman.

Kemudian terangnya, kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Nagari Canduang Koto Laweh juga telah menggeliat dengan berbagai produsi yang telah dipasarkan sampai ke luar daerah, seperti Riau, Batam, Jakarta dan Malaysia.

Ketua Tim Penilai Fitria Amalia Audy mengatakan, penilaian lomba gerak PKK merupakan bagaian dari program PKK, tidak lain bertujuan guna memantau dan mengevaluasi sejauhmana capaian 10 program Pokok PKK yang dilaksanakan di masing-masing daerah.

Penilaian Gerakan PKK ini meliputi lima kategori, diantaranya tertib administrasi, penilaian asuh anak dan remaja di era digital, penilaian di bidang UP2K, selanjutnya penilaian Aku Hatinya PKK dan penilaian lomba keluarga PKK gagap bencana.

“Setelah mendengar ekspos dari ketua TP PKK Nagari Canduang semua tim merasa senang dan yakin, Namun sangat ditentukan hasil penilaian serta peninjauan ke lapangan yang dilakukan tim selaku dewan juri nantinya, tentunya semua kita berharap, semoga Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Agam meraih nilai terbaik nantinya,” kata Fitria Amalia Audy,” (Kasnadi)

  • Bagikan