Abrasi Terus Gerus Karang Labuang

oleh -98 views
Bupati Pessel, H.Hendrajoni dampingi Kadis PSDA, Doni Gusrizal meninjau lokasi bencana abrasi pantai di Kampung Karang Labuang, Kecamatan Lengayang baru-baru ini. (marlison)

PAINAN – Bencana abrasi pantai di Kampung Karang Labuang, Kecamatan Lengayang dan Kampung Ujung Air, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan hingga kini terus terjadi.

Kondisi itu membuat masyarakat, khususnya yang bermukim di sepanjang pantai itu dilanda kecemasan. Sementara jarak rumah mereka dengan pinggir pantai makin dekat.

Selain rumah masyarakat, ruas jalan nasional lintas barat Padang-Bengkulu juga ikut terancam oleh bencana tersebut yang terjadi beberapa hari terakhir.

Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni didampingi Kepala Dinas PSDA, Doni Gusrizal baru-baru ini meninjau sejumlah titik terdampak abrasi pantai tersebut yakni di Kampung Karang Labuang, Kecamatan Lengayang dan Kampung Ujung Air, Kecamatan Sutera.

“Mesti ada penanganan cepat terhadap situasi ini, sehingga tidak berdampak pada pemukiman warga,” kata Hendrajoni di sela-sela kunjungan itu.

Ia mengatakan, khusus abrasi di Kecamatan Sutera, yakni di Kampung Ujung Air telah dilakukan penanganan awal yakni dengan meletakan karung berisi pasir di lokasi-lokasi kritis.

Begitu juga dengan di Kampung Karang Labuang, Kecamatan Lengayang. Selain juga diletakan karung-karung berisi pasir untuk meminimalkan abrasi juga diturunkan satu unit alat berat.

“Khusus di Kampung Karang Labuang, Kecamatan Lengayang, Dinas PSDA Pessel berupaya membuka pintu muara baru dengan tujuan meminimalkan abrasi,” imbuhnya.

Setidaknya alat berat tersebut telah dioperasikan sejak sepekan terakhir. (son)

Loading...