Kementerian PUPR Kucurkan Rp13 Miliar untuk Normalisasi Batanghari

PULAU PUNJUNG – Untuk mengantisipasi banjir dan pendangkalan Sungai Batanghari Dharmasraya mendapatkan kucuran dana APBN senilai Rp13 miliar, melalui Kementrian PUPR. Bantuan ini, akan digunakan untuk normalisasi sungai Batanghari yang berhulu sampai ke Jambi.

Direncanakan akan dikerjakan pada Februari mendatang. Sekarang proyek ini sudah selesai ditender di Kementrian PUPR pusat. Proyek ini bertujuan untuk mengurangi debit air ketika terjadi banjir di samping itu juga untuk menguatkan dinding yebing serta mengontrol kedangkalan sungai.

Syahroni Wali Nagari Gunung Selasih mengatakan anggaran Rp13 miliar ini diperuntukan untuk normalisasi sungai oleh Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Sumatera Barat.

Adanya perhatian pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR tidak terlepas dari lobi yang dilakukan Bupati Sutan Riska. “Alhamdulillah normalisasi sungai Batanghari ini, nantinya tentu akan dapat mengurangi banjir dan pendangkalan,” jelasnya.

Di tempat terpisah Zenbri Warta dan rekannya yang lain sudah melakukan survei terkait normalisasi Batanghari itu. Menurut rencananya , pengerjaan normalisasi tersebut pada Februari ini, dimulai dari Lubuak Bulang dan sampai ke Sungai Lamak. (fery)