32 Orang Terpapar dalam Sehari, Positif Covid-19 Kembali Meledak

  • Whatsapp
Bakhrizal. (antara)

PAYAKUMBUH-Kasus positif Covid-19 di Kota Payakumbuh kembali meledak. Dalam tiga hari terakhir, terdapat sebanyak 77 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Dan untuk kasus tertinggi terjadi pada Sabtu (8/5) kemarin, dimana didapat sebanyak 32 orang dinyatkan positif dari hasil pemeriksaan labor FK Unand Padang. Dan kabar baiknya juga ada, dimana pasien yang dinyatakan sembuh juga banyak, yaitu 30 orang.

Read More

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, didampingi Kasi Pencegahan Pengendalian Penyakit (P3) Fitri, kepada wartawan, Minggu (9/5), mengatakan, dari tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh beberapa hari yang lalu, kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif dan hasil swabnya keluar pada hari Sabtu (8/5) kemarin. Dimana kembali ditemukan penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 32 orang di Payakumbuh.

“Sedangkan dalam tiga hari belakangan, juga ditemukan banyak kasus positif dari tracking yang dilakukan. Dengan rincian pada Kamis (6/5) terdapat 24 orang yang dinyatakan positif. Selanjutnya pada Jumat (7/5), juga ditemukan sebanyak 21 orang yang dinyatakan positif. Dan yang terbanyak pada Sabtu (8/5) kemarin, dimana ada sebanyak 32 orang yang dinyatakan positif. Untuk yang bebas isolasi hari ini cuma sembilan orang dan pada hari sebelumnya ada sebanyak 21 orang,” ujarnya.

Menurutnya, sampai kemarin data untuk Kota Payakumbuh didapati sebanyak 125 orang yang tengah menjalani isolasi mandiri dirumah dan 14 orang dirawat di rumah sakit.

“Sampai hari ini yang dinyatakan positif Covid-19 di Payakumbuh sudah 139 orang. Di mana angka terbanyak terjadi selama bulan Ramadhan ini. Kita memprediksi, meningkatnya kasus posiitif ini karena masyarakat sudah abai dengan protokol kesehatan. Apalagi dalam beberapa waktu belakangan memang Kota Payakumbuh sedikit longgar, karena sudah berada di zona kuning,” tambahnya.

Dikatakan, kasus konfirmasi positif yang berjumlah 32 orang pada hari ini merupakan rekor tertinggi semenjak pandemi dinyatakan. Sekaligus juga merupakan kasus positif tertinggi selama bulan Ramadan.

“Kita berharap agar masyarakay kembali disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Sekarang juga ditemukan tambahan klaster baru di Payakumbuh yaitu klaster tarawih, yang ditemukan pada jamaah masjid seperti di Payolansek. Selain itu, kita juga mendapat perintah dari pak walikota yang juga sebagai ketua tim satgas yang menginstruksikan untuk mempercepat pemberian vaksin untuk masyarakat kita,” katanya.

Selain itu, dia juga terus mengingatkan warga, agar tetap dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Covid-19 belum berakhir, hari ini bertambah lagi yang terkonfirmasi positif. Jadi kepada masyarakay kita minta tetap waspada dan terus terapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran wabah ini,” himbau kepala dinas kesehatan itu.

Sementara untuk laporan data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah suspek sebanyak 6 orang, kasus konfirmasi sebanyak 1.130 orang dan sembuh sebanyak 976 orang. Dimana untuk isolasi sebanyak 125 orang dengan dirawat sebanyak 14 orang. Untuk kasus meninggal dunia ada sebanyak 15 orang dengan KE sebanyak 70 orang. Discarded sebanyak 13.806 oranng dengan total swab sebanyak 15.403 sampel.

“Sejak kasus pertama dulu kita telah melakukan swab kepada 15.403 orang dan kita akan terus melakukan tracing kepada riwayat kontak erat positif,” pungkasnya. (yuke)

Related posts