3 November, Tour de Singkarak Digelar

  • Whatsapp
Tour de Singkarak. (singgalang)
PADANG  – Tour de Singkarak (Tds) bakal digelar lagi tahun ini. Rencananya iven berskala internasional ini akan dimulai pada 3 november nanti. Ada 16 kabupaten/kota yang berpartisipasi, yang akan dibagi menjadi 8 rute etape.
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian pada rapat koordinasi terkait penyelenggaraan TdF tahun ini, Selasa (5/9).
“Survei tahap pertama sudah dilakukan. Kalau ada rute etape yang belum bisa dilalui, kita skip saja, karena keselamatan pesepeda harus dijaga,” katanya pada rapat itu.
Selain itu Oni juga menyebutkan kalau jarak antara hotel dan start, begitupun finish ke hotel untuk tahun ini lebih diperpendek. Sehingga tidak menyulitkan atlet ke arena lomba.
Selanjutnya, Kepala Biro Operasi Polda Sumbar melalui Kepala Bagian Pengendali Operasi Plda Sumbar, Reko Indro Sasongko mengatakan pada rapat itu kalau jalan atau jalur rute yang direncanakan masih ada kendala di beberapa titik.
Menurutnya, setelah evaluasi pertama dilakukan beberapa waktu lalu, ditemukan adanya galian pipa PDAM yang masih menganggu lintasan pesepeda nantinya.
Katanya, galian pipa ini ditemukan di jalur etape I, Bukittinggi – Sijunjung, dan di estape 2 Sawahlunto – Dhamasraya.
Selain jalan rusak, Reko juga menyebutkan kalau di jalur etape yang dilewati masih ada jalan rusak, material yang menumpuk memakan badan jalan, dan adanya perbaikan drainase.
“Selain itu kawasan pasar yang nanti dilewati pesepeda juga menjadi laporan kerawanan jalur TdS nanti,” katanya.
Sementara itu, Erwin Umar dari Dinas Pariwisata Bukittinggi yang hadir pada saat itu meminta kepada panitia untuk pemindahan jalur rute, soalnya kawasan Aur Kuning saat ini ramai.
Seperti dari data yang didapat, TdS tahun ini dibagi menjadi 8 etape. Stage 1 yaitu Bukittinggi – Sijunjung dengan total jarak 122,7 km, stage 2 Sawahlunto – Sijunjung dengan jarak 209 km, stage 3 Kabupaten Solok – Tanah Datar dengan jarak 100,6 km, stage 4 Padang – Agam dengan jarak 144 km.
Kemudian, stage 5 Lima Puluh Kota – Pasaman dengan jarak 170,2 km, stage 6 Kota Solok – Payakumbuh dengan jarak 103,5 km, stage 7 Padang Panjang Solok Selatan dengan jarak 193,7 km dan stage 8 Pesisir Selatan – Kota Pariaman dengan jarak 147,3 km. (wahyu)

 

Pos terkait