Agam  

Ajang KOSN SD : Murid SD 03 Pasanehan Agam Rafael Wakili Sumbar ke Tingkat Nasional

CANDUANG – Rafael Thoriq Alfarizi demikian nama lengkapnya, siswa SD Negeri 03 Pasanehan, Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam akhirnya diberi kepercayaan mewakili Provinsi Sumatera Barat ke tingkat Nasional dalam ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) cabang bulutangkis.
Terpilihnya Rafael mewakili Sumatera Barat setelah dalam babak penyisihan, semifinal dan final yang berlangsung 11 dan 12 Agustus 20223 di Padang berhasil memupus harapan lawan-lawannya. Pada babak final Rafael berhadapan dengan Azami Isriandi utusan dari Kabupaten Dharmasraya. Melalui permainan tiga set, akhirnya Rafael berhasil menjadi yang terbaik dengan kemenangan 19-21, 21-8 dan 21-15. Sebelumnya pada babak penyisihan dan semifinal lawan tandingnya dari Kota Sawahlunto, Kota Padang dan Kota Pariaman tidak mampu mengungguli Rafel.
Rafael kelahiran 27 Februari 2012 dari pasangan Rudi Afrinaldi dan Rafria Amrina sudah semenjak kelas 2 SD sudah menunjukkan bakat dan minatnya menggeluti cabang olahraga bulutangkis. Terbukti, waktu masih duduk di bangku kelas 2 SDN 05 Batu Taba, Rafael sudah ikut ajang KOSN yang dulu bernama O2SN mengiringi kakak kandungnya Raka yang sudah berprestasi di tingkat nasional dan bahkan sudah menjadi atlet bulutangkis binaan klub bertaraf nasional.
Kepala SDN 03 Pasanehan, Kecamatan Canduang, Tilfitra Rosy, S. Pd. SD saat ditemui Topsatu.com Senin (14/8) mengatakan, Rafael yang merupakan siswa kelas 6 di sekolah yang dipimpinnya itu Alhamdulillah berhasil meraih tiket ke tingkat nasional cabang bulutangkis putra KOSN-SD mewakili Provinsi Sumatera Barat, setelah dalam babak penyisihan sampai final yang dilaksanakan di kota Padang 11 dan 12 Agustus berhasil menggagalkan rival-rivalnya.
“Berdasarkan informasi yang disampaikan panitia KOSN Provinsi Sumatera Barat, pelaksanaan KOSN tingkat Nasional akan diselenggarakan September mendatang di Bali. Sebagai pimpinan sekolah kami merasa bangga dan bersyukur kepada Yang Maha Kuasa dengan keberhasilan yang diraih Rafael.
Rafael sudah mengharumkan nama sekolah, nagari, kecamatan, kabupaten Agam serta keluarga sendiri. Harapan kami kepada masyarakat Nagari Lasi, kecamatan Canduang, kabupaten Agam bahkan masyarakat Sumatera Barat untuk memberikan dukungan serta doanya semoga Rafael bisa tampil menjadi yang terbaik nantinya di tingkat Nasional.
Dengan keberhasilan dan kesuksesan Rafael saat ini mudah-mudahan membawa angin segar dan motivasi kepada SDN 03 Pasanehan untuk meraih prestasi pada cabang lainnya,”ungkap Rosy penuh harap dan optimis.
Ditambahkan Rosy, SDN 03 Pasanehan tahun ini ditetapkan sebagai Sekolah Penggerak Angkatan 3. Dan prestasi lain yang sudah diraih sekolah baru-baru ini yaitu pada ajang SMPNIVA KONKUR yang digelar SMPN 1 Ampek Angkek. Siswa SDN 03 Pasanehan berhasil meraih juara 2 Cerdas Al-Qur’an atas nama Zia Ramadhani, juara 2 bulutangkis (Rakha), juara 3 bulutangkis (Rafael).
Selain itu, prestasi yang diperoleh di tingkat kecamatan adalah, juara 3 cerdas cermat dan juara 3 pidato yang keduanya pada kegiatan Pentas PAIS kecamatan Canduang. (Mas).