Wujudkan Mimpi, Nagari Persiapan Panti Utara Bangun Kantor Walinagari Definitif

  • Whatsapp
Pemerintah Nagari Persiapan Panti Utara, Kecamatan Panti bersiap membangun kantor walinagari. (ist)

LUBUK SIKAPING – Nagari persiapan di Pasaman mempersiapkan diri sebelum disahkan sebagai satu nagari definitif. Di Pasaman tercatat, terdapat 62 nagari dengan rincian 37 nagari definitif dan 25 nagari persiapan.

Target utama yang umun dilakukan nagari persiapan ialah proses pembangunan kantor wali definitif. Seperti yang dilakukan Pemerintah Nagari Persiapan Panti Utara, Kecamatan Panti.

“Ini adalah upaya untuk menjadi definitif. Alhamdulillah, lokasi dimana kantor ini, sudah kami musyawarahkan. Lokasinya di Kampung Sungai Jantan,” kata Walinagari Persiapan Panti Utara, Refrizal, Kamis (13/2).

Diterangkan Refrizal, Sungai Jantan adalah Kampung Tuo di Panti yang merupakan ulayat Tuan Bujang. Ini adalah lokasi yang sangat strategis.

“Dengan ditempatkan Kampung Tuo sebagai pusat pemerintahan nagari, semoga bisa mempercepat pembangunan dan perkembangan masyarakat sekitar atau dengan kata lain mambangkik batang tarandam,” kata Refrizal.

Refrizal berharap apa yang menjadi maksud dari pemangku ulayat menyerahkan tanah tanpa ganti rugi kepada pemerintahan Nagari Persiapan Panti Utara, mudah-mudahan bisa tercapai.

Seiring dengan itu, untuk mengenang kebesaran pemangku ulayat maka ruang pertemuan akan diberi nama Balerong Tuan Bujang dan jalan ke kantor diberi nama jalan dt. Rajo Kuamang.

Pemberian nama itu , supaya bisa dikenang anak, cucu, kemenakan yang berada di Nagari Panti Utara, sesuai dengan sejarah Panti dahulunya. (Hendra)

Berita Terkait