Usung Misi Pembinaan, Ciptakan Pemain Profesional

oleh -127 views
Salah satu tim kelompok usia SSB Persada yang kini intens dilakukan pembinaan di Lapangan Sepakbola Jorong Ketinggian, Kenagarian Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. (dok persada fc)

PADANG– Sekolah Sepakbola (SSB) Persada telah lahir di Jorong Ketinggian, Kenagarian Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. Misi pengurus bersama masyarakat setempat berkomitmen menggusung pembinaan untuk menciptakan pesepakbola profesional.

Misi yang diusung rasanya tidak muluk-muluk. Memiliki lapangan sepakbola yang cukup refresentatif. Belum lagi dukungan masyarakat plus para perantau di mana saja.

Dukungan moral maupun materil dari masyarakat dan perantau diharapkan Persada FC di tata dengan tata kelola yang baik. Maka tahun 2013 Persada FC kembali eksis dengan membentuk kepengurusannya. Alhasil,Isra Dharma Suyandra, STP diberi amanah sebagai Ketua Umum Persada FC.

Seiring berjalannya waktu, pembinaan yang telah eksis dilakukan tahun ini Persada FC ingin tampil di Liga 3 zona Sumbar.

“Kampuang kami punya lapangan sepakbola. Kenapa tidak dilakukan pembinaan pesepakbola, apalagi saat ini bahaya narkoba sudah sangat meresahkan. Alhamdulillah semua lapisan masyarakat bahkan para perantau sangat mensuport diadakan pembinaan sepakbola bagi usia dini dan muda dengan tata kelola yang baik,” kata Isra Dharma Suyandra dalam bincang-bincang dengan topsatu, Rabu (3/7/2-19) di Padang.

Selain itu, kata Isra Dharma Suyandra, selain berkomitmen usung pembinaan juga mengakomodir pemain anak nagari. Artinya kesempatan pesepakbola anak nagari ikut berkompetisi diberbagai iven maupun kompetisi tentu akan ada kesempatan.

Tahun ini pengurus Persada FC berkeinginan ikut serta di Liga 3 dan Piala Suratin. Bentuk keseriusan Isra Dharma Suyandra cs, maka persyaratan untuk bisa tampil di Liga 3 zona Sumbar telah mendaftar bahkan dilengkapi manajemen ke Asprov PSSI Sumbar. Tinggal menunggu keputusan final dari Asprov PSSI Sumbar, apakah Persada FC bisa berperan serta sekaligus berkontribusi untuk Sumbar.

“Jujur saja, yang melatarbelakangi kami untuk melakukan tata kelola yang baik berkat dukungan moral masyarakat serta para perantau. Misi kami semata-mata melakukan pembinaan yang ujung-ujungnya bisa melahirkan pesepakbola profesional,” kata Yandra –sapaan akrab Isra Dharma Suyandra.

Dikatakan Yandra, dukungan yang luar biasa dari semua pihak baik di ranah maupun rantau merupakan modal utama Persada FC menjalankan berbagai program pembinaan.

“Ya, sekali lagi misi kami adalah pembinaan. Kita sudah melakukan pembinaan berjenjang sejak dulu. Mulai usia dini, muda, sampai senior, bahkan kita bermimpi memiliki akademi. Persada FC didukung oleh klub-klub/SSB sekitar baik yang berada di Kecamatan Guguak maupun kecamatan tetangga lainnya,” jelas Yandra.

Persada FC ini sudah berdiri semenjak 1960-an. Tahun lalu telah memiliki badan hukum sebagai legalitas klub sepakbola. Pada tanggal 16 Mei 2019 lalu juga telah resmi mendaftar ke PSSI untuk bisa tampil di Liga 3 maupun Piala Suratin.

Dengan telah adanya kepengurusan Persada FC makajajaran tim pelatih juga telah ditetapkan. Rozi Setiawan yang telah mengantongi lisensi kepelatihan C AFCditunjuk menjadi kepala pelatih. Rozi dibantu asisten Afdalul Zikri (lisensi C AFC) dan M. Hadi (D PSSI).

Lalu, manejer tim dipercayakan kepada H. Jon Edidengan Direktur Teknik, Yunovriwan.

“Kami sangat berharap Asprov PSSI Sumbar bisa mengakomodir keikutsertaan Persada FC di Liga 3 tahun ini,” kata Yandra yang sehari-hari menjabat General Manager PT Samudera Indonesia, Tbk di Padang itu. (dede)

 

Loading...