TNI AU dan Pemkab Agam Bersinergi Bersihkan Monumen Avro Anson RI 003

  • Bagikan

LUBUK BASUNG  – TNI Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Agam dalam melaksanakan karya bakti pembersihan monumen Avro Anson RI 003, di Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Minggu (25/7/2021).

Kegiatan ini juga melibatkan ratusan masyarakat dan pemuda yang begitu antusias melaksanakan gotong royong tersebut. Bahkan karya bakti ini ditinjau langsung oleh Bupati Agam, Andri Warman, yang juga dihadiri Danlanud Sutan Sjahrir Padang, Kolonel PNB. Muhammad Riza Yudha Fahlefie, Sekdakab Agam, Martias Wanto, camat, wali nagari dan tokoh masyarakat.

Bupati Agam, Andri Warman mengatakan, ini merupakan sinergi pihak AURI bersama pemerintah daerah dan masyarakat, bahwasanya monumen ini nanti akan dijadikan sebagai lokasi kegiatan Hari Bakti ke-74 TNI Angkatan Udara tahun 2021.

“Tentu kegiatan itu harus kita dukung dengan merapikan dan membersihkan monumen bersejarah ini,” ujarnya.

Tidak hanya ketika ada kegiatan, tapi bupati harap monumen ini dibersihkan secara berkala supaya lebih terawat, karena monumen ini merupakan sejarah bagi masyarakat Agam, khususnya Nagari Gadut.

Ke depan, bupati berniat lokasi ini akan dijadikan museum, tapi sebelumnya harus ada koordinasi antara pemerintah daerah sampai ke pusat.

Setidaknya, kata bupati, ada tiga hal pembahasan, pertama terkait Hari Bakti TNI Angkatan Udara, kedua pembentukan museum dan ketiga yang lebih mendasar yaitu status tanah.

“Melalui koordinasi itu kita bisa cari solusi agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan, baik bagi AURI maupun pemerintah daerah dan masyarakat sendiri,” sebut dia. (mr)

  • Bagikan