Stok Darah Menipis Masa Pandemi, Dua’s Coffee bersama KSR PMI UBH Galang Donor Darah

  • Bagikan
Dokumentasi donor darah yang digelar KSR PMI Unit UBH Proklamator bersama komunitas paguyuban Nias di Kota Padang, Sumatera Barat.

PADANG – Seiring pandemi wabah virus Covid-19, pasokan sel darah merah kian menipis, UKM KSR PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator bersama Dua’s Coffee berkolaborasi dengan lembaga dan atau komunitas menggelar aksi kemanusiaan yakni donor darah serta membagikan masker kepada masyarakat umum, Selasa (15/6) hingga Kamis (17/6) di Dua’s Coffee, Jalan Bandar Purus No.75, Kel. Padang Pasir, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

Aksi kemanusiaan tersebut mengisi agenda Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) 2021, yang diperingati setiap tanggal 14 Juni oleh negara-negara di seluruh dunia. Yang mana kegiatan tiga hari kedepan mengusung tagline, ‘Ingin Kopi, Ingat Dua’s Coffee dan Ingin Donor Darah, Ingat PMI’, sebut Wempi Muttaqin, Direktur dan Owner Dua’s Coffee, kepada awak media, Senin (14/6).

Wempi  menyampaikan, kegiatan donor darah selain bersama UKM KSR PMI Unit UBH Proklamator, juga berkolaborasi dengan sejumlah lembaga, seperti PW GPK Sumbar, DPD KNPI Kota Padang, PW AMK Sumbar, Kadin Kota Padang, PD PARFI Sumbar, PERBAKIN Sumbar, POKDARKAMTIBMAS Sumbar, AKU MANDIRI Sumbar, BPC HIPMI Kota Padang, Pemuda Panca Marga Sumbar, Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Mandiri dan Forum Pengurangan Resiko Bencana Kota Padang.

“Kolaborasi ini tentunya sangat baik membantu saudara kita yang membutuhkan sel darah merah di masa pandemi Covid-19, seperti halnya aksi kemanusiaan PMI Padang dan Sumbar yang senantiasa berupaya meringankan beban sesama dalam hal berdonor darah,” kata Wempi didampingi Komandan UKM KSR PMI Unit UBH Proklamator, Rudy Agustian.

Tidak itu saja kata Wempi, aksi donor darah ini sebagai bentuk dukungan dan membantu pemerintah daerah, baik itu Satgas Covid-19 Sumatera Barat dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mensosialisasikan pencegahan Covid-19 di Kota Padang, Sumatera Barat dan termasuk menyiapkan pasokan sel darah merah di PMI. Kemudian, sebagai bentuk apresiasi kepada pendonor, Dua’s Coffee akan membagikan paket kopi dibantu lembaga yang telah berkolaborasi.

“Relawan donor darah juga kita apresiasi dengan memberikan paket kopi asli olahan dari Dua’s Coffee sebagai apresiasi. Kita berharap aksi kemanusiaan donor darah ini tidak berhenti untuk menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ungkap Wempi.

Sementara itu, Komandan UKM KSR PMI Unit UBH Proklamator, Rudy Agustian mengatakan, tidak perlu khawatir mendonorkan darah saat pandemi seperti ini. “Selama donor darah sudah ada aturan dan dibuat seaman mungkin dari perawat dan dokter dari UTD. Tentunya menerapkan protokol kesehatan, jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan ragu,” ungkap Rudy.

Bahkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 katanya, telah membagikan tips bagi pendonor darah selama masa pandemi. “Yang jelas relawan yang melakukan donor darah tetap menerapkan protokol kesehatan, dan dokter juga akan memastikan keamanan transfusi darah,” tutupnya. (benk)

  • Bagikan