Sopan dan Beradab di Media Sosia

  • Bagikan
Literasi Digital 2021.(ist)

LIMAPULUH KOTA – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera.

Kali ini webinar dengan temah besar Sopan dan Beradab di Media Sosial kembali hadir di Kabupaten LImapuluh Kota, Sumatera Barat pada Sabtu 27 November 2021 oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Yanti Elvita Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN BatuSangkar mengatakan sebagai pengguna media sosial kita harus sopan dan beradab di media sosial, kita juga harus berhati-hati dalam mengunduh dan mengunggah informasi yang baik dan bermanfaat.

Maka dari itu, kita bisa membangun konten positif di media sosial, portal internet dengan konten-konten yg bermuatan pendidikan untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat dan konten positif dapat mempengaruhi perubahan prilaku masyarakat ke arah lebih baik, ujar Dr. Bevaola Kusumasari Dosen Manajemen dan Kebijakan Publik.

Joddy Caprinata Founder dan COO of Bicara Project memaparkan sopan dan beradablah di media sosial guna menghindari jejak digital, diantaranya pencurian data pribadi, cyber bullying, banned atau ditolak melakukan kegiatan digital, pidana Undang-Undang ITE.

Adapun Dr. Lita Sari Muchlis, M.Kom Dosen IAIN BatuSangkar mengatakan revolusi Industri yang ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi cloud computing, sistem big data, rekayasa genetika dan perkembangan neuroteknologi.

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Nelly Carey sebagai vocalist dan Influencer yang memberikan sharing session, sopan dan beradab di media sosial. Mari kita bijak dalam menggunakan internet agar Indonesia makin cakap digital.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)

  • Bagikan