Setiap Jumat Jadi Hari Bersepeda

  • Whatsapp
Walikota Genius Umar bersama ASN melakukan olahraga bersepeda. (ist)

PARIAMAN – Setiap Jumat dicanangkan sebagai hari kegiatan bersepeda. Seluruh ASN Pemko harus ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Hal ini dikatakan Walikota Genius Umar dalam ketika melepas rombongan bersepeda perdana bersama ASN setelah lama libur selama wabah Covid-19 melanda, di halaman Balaikota Pariaman, Jumat (10/7).

Bacaan Lainnya

Genius Umar mengatakan bahwa sebelumnya jadwal olahraga atau senam bersama ASN untuk Pemko Pariaman dilaksanakan pada hari Rabu. Berhubung telah keluar Surat Edaran dari Menpora RI bahwa untuk olahraga bagi ASN dilaksanakan setiap Jumat pekan kedua sampai keempat setiap bulannya.

“Untuk itu, kita merevisi kegiatan olahraga bagi ASN menjadi Jumat, dengan ditambahkan dengan kegiatan bersepeda ini,” ujarnya.

Selanjutnya, dengan bersepeda, akan menghemat bahan bakar. Bila diterapkan beberapa jam saja bersepeda dapat menghemat bahan bakar, juga akan menghemat pengeluaran daerah.

Walikota juga mengatakan dengan bersepeda juga akan mengurangi jumlah kecelakaan berlalu lintas, karena nantinya kita akan membuat kebijakan dimana untuk setiap Jumat kedua sampai keempat setiap bulanya.

“Dimasa New Normal saat ini, sepeda telah menjadi gaya hidup hampir masyarakat di seluruh dunia. Pemko Pariaman akan menggalakan kegiatan bersepeda ini menjadi rutinitas ASN. Ke depan kita juga akan merancang untuk menjadikan setiap Jumat menjadi ‘CarFree Day’ (CFD) di Kota Pariaman, dimana teknisnya akan kita bahas dengan lintas sektoral nantinya,” tukas Genius Umar.

Walikota juga menghimbau Koperasi KORPRI Pemko Pariaman, agar dapat memfasilitasi ASN yang belum memiliki sepeda.

Rute perdana bersepeda bersama perdana ASN Pemko, diikuti Wakil Walikota Mardison Mahyuddin, Ketua TP PKK Ny. Lucyanel Genius, Kepala OPD, Kabag, Camat dan ASN. (agus)

Pos terkait