Positif Covid-19 di Payakumbuh Bertambah Lagi 28 Kasus

  • Bagikan
Bakhrizal. (antara)

PAYAKUMBUH – Sempat tidak ada penambahan konfirmasi positif Covid-19 di Kota Payakumbuh, dalam dua hari terakhir kasus positif kembali meledak. Sebanyak 28 orang dinyatakan terkonfirmasi positif selama dua hari Jumat (23/7) dan Sabtu (24/7).

Lonjakan itu disinyalir, karena hasil pemerikasaan sampel yang dikirim ke laboratorium Fakultas Kedokteran Unand di Padang, baru diterima pada Jumat (23/7).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal kepada wartawan, Minggu (25/7) mengatakan, sebenarnya perkembangan dan penanganan Covid-19 di Payakumbuh sudah berjalan dengan baik. Penambahan kasus konfirmasi yang terjadi masih di batas yang ditetapkan. Bahkan petugas selalu melakukan tracking kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif.

“Hari ini kembali terjadi lonjakan kasus positif Covid 19 di Payakumbuh yakni 28 orang dalam dua hari dan yang bebas isolasi hari ini sebanyak 17 orang. Sehingga sampai hari ini data untuk kota Payakumbuh didapati sebanyak 119 orang isolasi mandiri dirumah dan 24 orang dirawat di rumah sakit,” ujarnya.

Menurutnya, melihat perkembangan kasus yang terjadi, Dinkes terus mengimbau kepada semua masyarakat untuk terus patuh terhadap protokol kesehatan dan terapkan 5M. Selalu gunakan masker dan ikuti vaksinasi Covid-19.

“Diimbau kepada masyarakat yang belum divaksin agar secepatnya divaksin. Dimana, masyarakat bisa datang ke fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh. Dan Alhamdulillah, layanan vaksin melalui mega gebyar vaksin yang dilaksanakan selama tiga hari kemarin terbilang sukses memberikan layanan kepada 3.500 orang masyarakat Kota Payakumbuh,” tambahnya.

Berdasarkan data Dinkes sampai saat ini perkembangan kasus Covid-19 per RT untuk zona oranye satu RT di satu RW Kelurahan Ibuh, lima RT di dua RW Kelurahan Tiakar, lima RT di dua RW Keluahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo, tiga RT di satu RW Kelurahan Tigo Koto Diate dan dua RT di satu RW Kelurahan Limbukan. “Sedangkan untuk zona hijau terus menurun dari kemaren jadi 11 Kelurahan dan sisanya masih zona kuning di Payakumbuh. Berdasarkan data, total RT yang terkonfirmasi sebanyak 81 dengan 98 rumah yang tersebar di 64 RW se Kota Payakumbuh,” ungkapnya.

Sementara untuk data Covid-19 di Kota Payakumbuh secara keseluruhan sampai hari ini adalah suspek sebanyak 0 orang, kkasus konfirmasi sebanyak 1.833 orang, sembuh sebanyak 1.652 orang, isolasi sebanyak 119 orang, rawat sebanyak 24 orang, meninggal dunia sebanyak 30 orang, KE sebanyak 4 orang, discarded sebanyak 16.542 orang dengan total swab sebanyak 19.299 sampel. (bule)

 

  • Bagikan