Perumda Air Minum Padang Optimis Terbaik KIP

  • Bagikan
Dirut Perumda Air Minum Padang Hendra Pebrizal mempresentasikan pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik di hadapan panelis dan dewan juri.

PADANG – Perumda Air Minum Kota Padang optimis menjadi yang terbaik dalam Anugerah Keterbukaan Publik yang digelar Komisi Informasi, Desember mendatang.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal usai presentasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) KI Sumbar, Kamis (25/11).

Presentasi Monev itu dilaksanakan Komisi Informasi Sumbar mulai Rabu (24/11) hingga Jumat (26/11) diikuti 30 Badan Publik hasil penilaian visitasi beberapa waktu lalu.

“Ke 30 badan publik tersebut akan menamparkan presentasi di hadapan tim juri, baik dari juri Komisioner KI Sumbar maupun tim juri dari pihak luar yang berasal dari pegiat dan akademisi,” kata Ketua KI Sumbar Nofal Wiska.

Dalam presentasinya, Dirut Perumda Air Minum Padang yang menjadi salah satu dari tiga besar kategori BUMD, di hadapan tim juri Hendra pebrizal menjelaskan perusahaanya telah menerapkan keterbukaan publik sejak beberapa tahun terakhir.

Dia mengakui keterbukaan publik yang ada dalam Perumda Air Minum Kota Padang bertujuan untuk memaksimalkan layanan kepada pelanggan.

Hal ini terbukti dengan akun media sosial yang telah dimiliki perusahaan pelat merah itu, telah memudahkan mereka dalam memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada 130 ribu lebih pelanggannya.

“Mulai dari adanya pemberitahuan kerusakan intake hingga estimasi waktu perbaikan yang dibutuhkan agar layanan air kembali normal hingga ke rumah pelanggan,” kata Hendra.

Dia juga menambahkan, sesuai dengan motto Perumda Air Minum Kota Padang handal dalam sistem, responsif dalam layanan menjadi tekad perusahaan untuk memberikan layanan yang maksimal.

“Terkait dengan memanfaatkan teknologi, Perumda AMr minum Padang juga telah menerapkanya, dimana saat ini 80 persen pelanggan telah gunakan layanan secara online, mulai dari pasang baru pelanggan, pembayaran tagihan air hingga pelaporan apabila terjadi kebocoran air di rumah pelanggan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Hendra Pebrizal yang di dampingi Noviardi Zein Assiten  Humas dan Protokoler menambahkan dalam pemaparannya Perumda memiliki 13 program unggulan yang tujuannya untuk memudahkan pelanggan.

Terkait dengan Corporate Social Responsibility atau CSR, Perumda Air Minum Padang telah memulainya sejak perusahaan berdiri, beberapa contoh misalnya pemasangan air gratis, bedah rumah hingga penggratisan air selama bulan Ramadan di masjid dan mushalla yang memanfaatkan air Perumda Air Minum Padang untuk berwudhu bagi jemaah.

Dengan pengelolaan KIP yang baik itu, Hendra Pebrizal optimis Perumda Air Minum Kota Padang menjadi yang terbaik dalam penilaian prestasi Monev KI Sumbar tahun 2021 ini.

Tahun ini 30 badan publik masuk dalam 3 besar penilaian monev KI Sumbar tahun 2021, beberapa badan publik tersebut Adalah Perumda Air Minum Tirta Sago, PT semen Padang, Bawaslu Sumbar, BPK Sumbar BPS Sumbar, MAN 2 Pesisir Aelatan, SMAN 1 Payakumbuh dan SMKN 1 Lubuk Sikaping.

Sementara untuk OPD adalah RSJ HB Aaanin, RSUD Pariaman, sekretariat DPRD Sumbar. Untuk pemerintah kabupaten dan kota adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang Panjang dan Kota Pariaman.

Sementara untuk pemerintahan nagari Adalah Nagari Bungo Pasang Salido, Nagari Kubu Tapan dan Nagari Tanjung Hari Sikabu. Untuk partai politik yang masuk dalam monev tahun 2021 ini adalah Partai Demokrat, Partai PDI Perjuangan dan Partai Keadilan Sejahtera.

Sementara untuk perguruan tinggi yang akan lakukan monev pada hari Jumat esok adalah Institut Teknologi Padang, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Pelayaran.

Untuk KPU dan Bawaslu kabupaten kota adalah KPU Kabupaten Dharmasraya, KPU Kota Bukittinggi dan KPU Kota Sawahlunto. Sementara untuk Bawaslu yakni Bawaslu Kabupaten Agam, Bawaslu Kota Pariaman dan Bawaslu kota Solok.

Sementara panelis dan tim juri dalam Monev KI tahun 2021 ini adalah Noval Wiska, Adrian Tuswandi, Tanti Endang Lestari, Arif Yumardi, HM Nurnas, Asrinaldi, Erianjoni, Khairul Jasmi, Abdulah Khusairi dan Eka Vidia putra. (benk)

  • Bagikan