Pantau Lalulintas Lebaran, Ditlantas Pasang CCTV

  • Whatsapp
Ilustrasi. (*)

PADANG – Sebanyak 26 kamera CCTV dipasang Ditlantas Polda Sumbar untuk memantau arus lalu lintas jelang, saat Lebaran dan setelah Lebaran. Puluhan kamera CCTV ini tersebar di beberapa titik di wilayah Sumatera Barat, terutama ibukota provinsi, Padang.

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata, Senin (4/6) mengatakan, kepadatan lalu lintas setiap tahunnya akan mengalami kemacetan terutama di ruas jalan utama Padang menuju Bukittinggi. Tapi, pada tahun 2018 ini, jajarannya kan mencoba meminimalisir titik-titik kepadatan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kamera CCTV ini dipasang baru di tiga wilayah yaitu Kota Padang sebanyak 21 titik, Pasaman 4 titik dan kawasan Pasar Kotobaru, Tanah Datar 1 titik. Semua titik dapat kita pantau dari Ruang Kontrol RTMC Polda Sumbar sehingga arus lalin di Sumbar terpantau,” ujarnya.

Adanya kamera CCTV ini nantinya berguna untuk menginformasikan kondisi arus lalu lintas 24 jam dan dibagikan informasinya melalui akun media sosial yang ada. Ke depan, Singgamata menyebut juga akan memasang kamera CCTV di Kelok Sambilan karena merupakan salah satu pintu masuk ke Sumbar dari Riau.

“Target kita tahun ini waktu tempuh Padang-Bukittinggi atau menuju ibukota provinsi dapat diminimalisir, dimana tahun lalu sampai 7 jam. Tahun ini, kita optimis dapat mempercepat waktu tempuh tersebut,” katanya.

Ditambahkannya, personel dan perlengkapan mengatur lalu lintas juga telah dipersiapkan, salah satunya dengan melakukan survei awal yang bekerjasama dengan jajaran polres setempat. Untuk survei terakhir jelang Operasi Ketupat yang akan dimulai pada 7 Juni mendatang.

“Saya akan turun ke lapangan untuk melakukan survei terakhir meninjau kesiapan personel 5 Juni 2018,” tutupnya. (arief)

Pos terkait