KKM dan Satlak Bangun Raya Ikuti Pelatihan Pamsimas

  • Whatsapp
Pakem Pasaman, Ridwan didampingi DC Pasaman, Safridal Agus dan ketua asosiasi BPSPAM Pasaman, Ali Atas saat pembukaan pelatihan KKM dan Satlak Bangun Raya.(ist)

LUBUK SIKAPING -Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan satuan pelaksana (Satlak) Bangun Raya, Jorong Sentosa, Nagari Padang Gelugur, Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman mengikuti pelatihan program penyedia air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di MAM Sontang, Senin(3/8).

Program pamsimas di Bangun Raya alokasi dananya bersumber dari APBD Pasaman 2020. Tujuan dari pelatihan KKM dan Satlak sebagai modal awal untuk mengetahui program pamsimas agar lebih memahami tentang tata cara dalam pelaksanaan baik itu teknis, pembukuan, sanitasi terakhir laporan pertanggungjawaban fisik dan administrasi.

Panitia kemitraan (pakem) Pasaman, Ridwan mengucakan terimakasih kepada KKM dan Satlak yang yang mengikuti acara pelatihan yang nantinya di pandu oleh tim fasilitator dan narasumber dari kabupaten.

Dikatakan Ridwan, kegiatan program pamsimas bersifat sosial tanpa ada honor atau laba di akhir program, namun yang diharapkan bagaiman supaya pamsimas bisa terlaksana dengan baik dan laporan akhir sesuai dengan juknis yang ada dalam Petunjuk Teknis Program Pamsimas.

Nara sumber bidang sanitarian, Risna Nofriani dari Puskesmas Tapus mengatakan sanitarian adalah salah satu kegiatan yang melekat dengan nama pamsimas. Sehingga sanitarian harus menjadi suatu kewajiban bagi masyarakat khususnya kampung yang mendapat bantuan dana dalam pembangunan sarana air bersih dari pamsimas.

Sementara itu, Safridal Agus selaku district coordinator (DC) Pasaman menyampaikan dalam pelaksanaan program pamsimas harus dimulai dengan niat baik demi kebutuhan dasar orang banyak.(Hen)

Pos terkait