Jemaah Naqsabandiyah Hari Ini Rayakan Idul Adha

oleh
Seorang warga dari jamaah Tarekat Naqsyabandiyah memotong daging hewan kurban di Mushala Baitul Makmur, Kelurahan Binuang Kampuang Dalam, Kecamatan Pauh, Padang, Senin (20/8). (givo alputra)

PADANG – Ribuan jemaah Naqsabandiyah di Sumatera Barat, merayakan Idul Adha, Senin (20/8) atau bertepatan 10 Dzulhijah 1439 Hijriah. Mereka menetapkan perayaan Idul Adha dua hari lebih cepat dari pemerintah yang menetapkan Idul Adha jatuh pada 22 Agustus 2018.

Imam besar Tarikat Nasaqsabandiyah Sumbar, Syafri Malin Mudo mengatakan, Perayaan hari raya kurban yang dilakukan Jamaah Tarekat Nasaqsabandiyah itu dihitung dari metode hisab munjid dan rukyatul hilal.

“Maka Idul Adha jatuh pada hari ini (Senin). Metode hitungan Idul Adha berdasarkan 100 hari setelah awal Ramadan. Metode ini lah yang selalu kita gunakan sejak dulu,” katanya.

Sama halnya dengan hari raya biasanya, setelah Shalat Id jamaah itu juga melakukan penyemblihan terhadap hewan kurban seperti yang terlihat di Mushala Baitul Makmur, Kelurahan Binuang Kampuang Dalam, Kecamatan Pauh, Padang, Senin (20/8).

Walau ada perbedaan, namun Syafri Malin Mudo berharap semua kalangan dapat saling menghormati. Karena pada prinsipnya umat Islam itu merupakan satu kesatuan. (givo)

Loading...