Januari 2021, Terminal Anak Aia Padang Ditargetkan Beroperasi

  • Whatsapp
Dian Fakri. (*)

Padang – Terminal tipe A Anak Air Padang dijadwalkan akan beroperasi mulai Januari 2021 dan pengerjaannya ditargetkan rampung akhir tahun ini.

“Pengoperasian dan pengelola terminal tipe A ini dilakukan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat, Kementerian Perhubungan RI,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakri di Padang, Kamis (3/12).

Menurutnya Dinas Perhubungan Padang akan membantu mengarahkan angkutan kota melewat terminal ini. “Nantinya Trans Padang koridor utama dari RTH ke Jalan Diponegoro, maupun Trans Padang koridor Teluk Bayur ke Anak Air, akan lewat ke terminal ini,” katanya.

Sejalan dengan itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar Deny Kusdyana menargetkan untuk bisa uji coba pada Natal dan tahun baru 2021 oleh Kementerian Perhubungan.

“Mudah-mudahan berjalan sesuai jadwal dan selesai tepat waktu,” katanya.

Terminal Anak Air Padang dibangun bertingkat tiga di atas lahan seluas 2,7 hektare. Selain untuk melayani transportasi darat, terminal itu juga dirancang sebagai pusat ekonomi baru dengan menyediakan fasilitas bagi UMKM serta fasilitas umum lainnya.

Deny mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait rencana uji coba operasional terminal itu pada akhir tahun karena prosesnya akan melibatkan banyak pihak.

“Untuk dapat mengoperasikan Terminal Tipe A Anak Air ini memang perlu dukungan bersama. Selain peran pemerintah daerah yang sangat vital, kami mencoba menggandeng Organda dan pengusaha transportasi,” ujarnya.

Meski pembangunan fisik terminal sudah hampir rampung, namun akses jalan ke dalam terminal masih perlu perluasan. Saat ini jalan yang ada masih amat sempit sehingga rawan tersendat dan macet.

“Kita terus berkomunikasi dengan Pemkot Padang untuk perluasan jalan ini agar operasional terminal benar-benar maksimal,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, M Rizal Wasal mengatakan, lantai tiga terminal Anak Air Padang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai pusat kegiatan dan kreativitas generasi muda.

“Lokasinya luas, pemandangan bagus langsung ke laut Padang. Ini bisa jadi tempat nongkrong baru bagi generasi muda dan keluarga di Padang,” katanya. (ant/*)

Pos terkait