IASMA 1 Landbouw Bukittinggi Gelar Panggung Ide dan Kreasi 2019

oleh -386 views

BUKITTINGGI-Ikatan Alumni SMA (IASMA) 1 Landbouw Bukittinggi gelar Panggung Ide dan Kreasi (PIK) 2019 di aula SMA Negeri 1 Bukittinggi, 20 hingga 28 Agustus 2018 ini. Meliputi kegiatan lomba pidato berbahasa Indonesia, debat berbahasa Inggris dan lomba penulisan essai berbahasa Indonesia.

Dedikasi dan keberadaan alumni sangat dirasakan pada sekolah ini. Menurut Efri Yoni sebagai Koordinator Tim Kegiatan PIK 2019 merupakan rangkaian acara Reuni Gadang IASMA 1 Landbouw Bukittinggi, sekaligus juga HUT ke 69 SMA Negeri 1.

Dikatakan, kegiatan ini bermula dari angkatan 66 pada 2016 lalu. Disampaikan, untuk membekali siswa SMAN 1 ini dengan berbagai softskill yang diperlukan dunia kerja. Dengan konsep yang dirancang oleh
Masmimar Mangiang, angkatan ini menggagas, melaksanakan dan mendanai suatu kegiatan ekstra-
kurikuler bernama Panggung Ide dan Kreasi.

“Tujuan program ekstra-kurikuler tersebut, mengembangkan kemampuan ekspresi lisan dan tulisan para siswa. Target utamanya adalah menciptakan situasi yang memotivasi para siswa SMAN I Bukittinggi meningkatkan budaya baca, melatih daya pikir dan mengembangkan kemampuan ekspresi lisan serta tulisan,” sebutnya.

Sementara topik yang diusung pada bidang sosial seperti beda pakaian adat di tiga luhak di Minangkabau, falsafahnya, dan keterpeliharaannya, penelitian pacuan kuda — Minangkabau punya tradisi pacuan kuda, khas pada beberapa daerah, sejarah benteng Ford de Kockbjek dan pariwisata (alam) yang potensial untuk dikembangkan di Sumbar, sebab munculnya perbedaan sistem kekerabatan matrilineal di Minangkabau.

“Bidang sains pun kita kaji seperti penyilangan bibit tanaman untuk perbaikan hasil, tanaman untuk obat, alat listrik, pembuatan pupuk, inovasi di bidang informatika. Semoga kedepan berguna baagi perkembangan ilmu,”

Manfaatnya, lanjut Efri Yoni, mengembangkan kemampuan ekspresi lisan dan tulisan para siswa, menciptakan situasi yang memotivasi para siswa SMA Negeri I Bukittinggi gemar membaca, melatih daya pikir, dan mengembangkan kemampuan ekspresi lisan serta tulisan dan engembangkan bakat dan kemampuan analisis serta berargumentasi berdasarkan fakta. Membangkitkan kegemaran dan apresiasi akan sastra serta melatih kemampuan menyusun karya tulis yang memberikan kontribusi bagi pendidikan.

“Terlaksananya acara ini, menghantarkan angkkatan 66 pada 2017 menerima penghargaan “IASMA Award” atas pelaksanaan PIK yang dinilai sangat positif bagi pengembangan softskill siswa, tentu saja bagi pemenang lomba akan menjadi bekal bagi mereka dan mendapatkan award ,” imbuhnya lagi.

Dengan demikian, dibentuklah Tim PIK 2019-2022 agar penggarapannya lebih profesional. Tahun 2019 ini IASMA 1 Landbouw Bukittinggi mengadopsi program PIK tersebut sebagai program pengurus pusat. Melalui SK PP IASMA 1 Landbouw Bukittinggi No: 001/KEP.IASMA 1/VII/2019 tertanggal 23 Juli 2019 ditetapkan susunan Tim PIK Periode 2019–2022.

Susunannya adalah Penasehat, Prof. Dr. Masmimar Mangiang (angkatan 66), Prof. Dr. Maizar Rahman(66) dan Nasfi Narusi (66). Kemudian tim pelaksana Efri Yoni Baikoeni (91) selaku Koordinator dengan anggota: Winta Sri Mulyati (86), Media Andriani (92) dan Betsy Rivai
Syarif (91). Selanjutnha penangggung jawab, Wakil Ketua IASMA1 1–Bidang 3 Hubungan Almamater.(Yanti)

Loading...