Harga Kebutuhan Pokok Naik Dua Kali Lipat

oleh -344 views
Pasar tradisional. (antara)

LUBUK SIKAPING -Jelang Idul Fitri 1440 Hijriah, harga kebutuhan pokok naik dua kali lipat dari biasanya. Terutama harga cabai merah.

Sepekan yang lalu, harga masih bertengger di angka Rp28 ribu per kilo, kini mencapai Rp60 ribu. Naiknya sangat pedas. Begitu rekannya cabai hijau dan cabai rawit yang sama dari harga Rp25 ribu menjadi Rp32 ribu per kilogram.

Tidak saja cabai, kenaikan juga terjadi pada kebutuhan pokok lainnya, seperti bawang merah, naik dari Rp30 ribu jadi Rp40 per kilogram. “Dari pantauan kami, ada sekitar empat item kebutuhan dapur yang naiknya cukup drastis. Hal ini diduga akibat pasokan rendah, sementara permintaan tinggi di pasaran,” kata Kabid Perdagangan, Dinas Perindagnaker Pasaman, Ishak, Senin (3/6).

Diakui Ishak, kebutuhan pokok lainnya, seperti bawang putih, minyak goreng, tomat, kentang dan lainnya, pada umumnya masih betengger di harga tetap.

“Yang turun hanya harga kacang hijau Rp22 ribu jadi Rp20 ribu, dan bawang bombai, Rp22 ribu jadi Rp13 ribu per kilogram. Selebihnya tetap, begitu juga daging ayak dan sapi serta telur,” lanjut Ishak.

Diakui Ishak, keadaan harga kebutuhan pokok naik ini tidak alan berlangsung lama. Usai lebaran, diprediksi, semua bakal kembali normal. Selain itu, kenaikan ini, juga tidak begitu mengguncang saku-saku kaum ibu. Sebab, sebelumnya, Dinas Perindagnaker Pasaman telah melakukan operasi pasar murah, untuk memenuhi pasokan ibu-ibu menjelang lebaran di beberapa kecamatan yang ada. (Yolan)

Loading...