Disdikbud Adakan Bimtek Pembuatan Video Pembelajaran

  • Whatsapp
Plt Kadisdikbud Padang Pariaman, Zahirman

PARIKMALINTANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang Pariaman adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pembuatan video pembelajaran, yaitu salah satu inovasi pembelajaran di masa Pandemi Covid-19, buat guru-guru.

Bimtek yang didadakan di Aula Disdikbud tersebut dibuka oleh Plt Kadisdikbud, Zahirman, Selasa (27/10).

BACA JUGA

Bimtek Pembuatan Video Pembelajaran Penguatan Karakter Peserta Didik pada masa Pandemi Covid-19 tersebut, sedikitnya diikuti 53 orang, terdiri dari guru-guru Taman Kanak-kanak, guru Kelompok Belajar dan PKBM se Padang Pariaman. Sementara sebagai pembimbingnya, Andhika Pratama dari Dinas Kominfo Padang Pariaman.

Menurut Plt. Kadisdikbud, inovasi pembelajaran pada masa Pademi Covid-19 itu harus dilakukan agar proses belajar dan mengajar dapat terlaksana dengan baik. Jadi, sekaitan itu diperlukan kreatifitas dari para guru untuk mewujudkannya.

Zahirman menyebutkan, karena wabah Covid-19, proses pembelajaran secara tatap muka tidak bisa dilaksanakan. Anak-anak harus berada dan belajar di rumah. Apalagi sekarang, Padang Pariaman berada pada zona orange dan sempat pula di zona merah.

Ada dua macam metoda pembelajaran di masa Pandemi Covid-19, daring dan luring. “Salah satu bentuk pembelajaran secara luring adalah dengan menggunakan video. Jadi, anak-anak bisa belajar di rumah dengan cara menonton video yang telah dibuat oleh gurunya,” kata Zahirman yang juga menjabat Kadis Kominfo.

Dalam kesmepatan itu, Zahirman juga menyebutkan, video-video pembelajaran karya para guru itu nanti akan diperlombakan oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Padang Pariaman.
Para pemenang lomba video pembelajaran itu akan diberi hadiah, antara lain berupa sertifikat.

Kemudian, video hasil karyanya akan dijadikan contoh dan dapat digunakan oleh guru di sekolah atau kelompok-kelompok belajar lain. Perlombaan sengaja diadakan guna memotivasi para guru untuk mencipatkan video-video lainnya.

Zahirman berharap, para peserta Bimtek juga bisa mejadi pelopor dalam penerapan Perda No. 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ditengah-tengah masyarakat.

Guru-guru harus selalu melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 dalam aktifitas sehari-hari. “Jangan lupa berdoa agar wabah Covid-19 ini cepat berakhir dan proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara normal kembali,” tukas Zahirman. (darmansyah)

BERITA TERKAIT