Di Peternakan Raudhah Farm, Masyarakat Bisa Ikut Tabungan Sapi

  • Whatsapp
Firdaus dis alah satu kandang sapinya. (Poto ist)

LUBUK BASUNG – Raudhah Farm mengajak masyarakat dimana saja berada untuk ikut dalam program tabungan sapi. Ajakan itu disampaikan Firdaus Direktur Raudah Farm Jumat (2/4) di Lubuk Basung.

Raudhah Farm adalah perusahaan pemelihara sapi di Lubuk Basung telah memiliki sapi sebanyak 270 ekor. Perusahaan ini telah berkiprah sejak tahun lalu sehingga telah berkontribusi dalam mencukupi kebutuhan pasar ternak baik untuk konsumsi sehari hari maupun kebutuhan korban di Sumbar.

Pemeliharaan sapi oleh Raudah disebar dibeberapa tempat di Kurao Manggopoh dan di Nagari Bawan . Ada dua bentuk pemeliharaan, dipelihara perusahaan dan dipercayakan kepada masyarakat.

“Dari 270 ekor itu, sebanyak 70 ekor adalah sapi titipan mitra dan yang 200 nya milik Raudhah Farm sendiri,” kata Firdaus.

Saat ini sebanyak 40 orang mitra pemodal yang ikut tabungan sapi dengan Raudah.”Minimal peserta menitip 1ekor sapi, tapi ada yang 5 , 6 dan 7 ekor,” katanya.

Pola pemeliharaan kata Firdaus juga ada dua, yakni penggemukan dan peranakkan. Penggemukan adalah sapi jantan , untuk peranakan tentu saja betina.

Khusus kerjasama kemitraan dengan pemilik modal, Raudah membuat kontrak mitra di atas materai dengan notaris. Inti kontrak adalah Raudhah bertanggungjawab untuk memelihara sapi, termasuk kematian sapi akibat kelalaian pemeliharaan. “Jika sapi mati akibat kelalaian Raudah wajib mengganti sapi yang bersangkutan,” ujarnya.

Pihak Raudah bekerja dengan peternakan untuk menjamin kesehatan sapi. ” Secara berkala kita didatangi oleh petugas peternakan dari dinas peternakan ” katanya.

Tentang bagi hasil, keuntungan pemeliharaan penggemukan dan peranakkan, yaitu bagi dua.” Separuh keuntungan hak pemodal atau mitra, sisanya 40 persen untuk perusahaan dan 10 persen sebagai sadakah untuk pengembangan pendidikan yayasan Raudah”, kata Firdaus.

Karena itu katanya, jika ikut menabung sapi di Raudah akan memperoleh keuntungan ganda, yaitu keuntungan hasil penjualan sapi dan keuntungan pahala sedekah. ” Maka marilah kita berinvestasi di Raudah,” kata Firdaus yang juga hafizh Alquran ini. (M.Khudri)

Pos terkait