Di Lubuk Basung, Warga Masih Buang Sampah ke Sungai

  • Whatsapp
Salah satu irigasi di Garagahan Tangah, Nagari garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam dipenuhi sampah.(lukman)

LUBUK BASUNG – Beberapa saluran irigasi di berbagai lokasi belum terbebas dari dicemari sampah. Sebagian warga masih saja belum banyak menyadarimembuang sampah ke sungai akan menimbulkan malapetaka, saluran air, termasuk irigasi bakal tersumbat.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Agam Ofrison, Jumat (3/1) mengakui ada oknum warga masih membuang sampah ke sungai.

Bacaan Lainnya

Secara bertahap diberikan pengertian kepada warga, terutama petani yang tergabung dalam organisasi Petani Pengelola Pemakai Air (P3A). Petani yang sudah tergabung P3A itu sering dapat pembinaan, baik dari lembaga dari Dinas PUTR khususnya dari PSDA maupun dari Dinas Pertanian Kabupaten Agam.

Meski Agam sudah termasuk salah satu daerah kemajuannya sudah menyamai daerah maju di Sumatera Barat, ada juga sebagian kecil yang memanfaatkan air sungai untuk bersih-bersih, mandi, cuci pakain, dan sebagainya. Sudah jelas sampah yang dibuang ke sungai airnya tercemar bakteri yang bakal menimbulkan penyakit. (lukman)

 

Pos terkait