Di Kerajaan Aceh abad ke 16, Ramadhan Adalah Bulan Istimewa

  • Whatsapp
(http://sejarah.aceh.my.id)

Oleh M.Khudri

Tentang waktu masuknya Islam ke Nusantara (Indonesia sekarang ) para ahli tak sepakat. Ada yang menggunakan teori Makah, Islam sudah sampai ke Nusantara abad ke 7 yang diperkenalkan langsung oleh pedagang Arab. Ada yang berpendapat pedagang itu adalah utusan Khalifah keempat Ali bin Abi Thalib, ada juga yang menyimpulkan itu dimasa Daulat (Dinasti) Umayyah.
Kedua, disebut teori Gujarat, India. Pendapat ini yakin Islam sudah ada di Indonesia abad ke 13 yang dibawa oleh pedagang Gujarat, India. Teori ke empat disebut teori Persia, pedagang Persia yang membawa Islam ke Indonesia pada abad ke 13, tapi mereka juga yang memperkenalkan Islam kepada bangsa Gujarat di India.

Bacaan Lainnya

Tapi dari beberapa keterangan diketahui di Aceh yakni di Perlak pada tahun 225 H atau 847 M telah ada kerajaan Islam pertama. Abu Ishaq al Makrani Al Fasi dalam bukunya Isz Harul Haqq Fil Silsilah Raja Ferlak menulis bahwa kerajaan Perlak itu diperintah oleh delapan orang Sultan berturut turut. Bukti yang memperkuat Islam sudah berkembang sampai ke Pulau Jawa ditemukan tarikh 1082 M pada nisan Fatimah Binti Maimun.

Jika benar agama Islam sudah sampai ke Indonesia pada abad ke 7 dan berdirinya kerajaan Islam pertama di Aceh pada abad ke 9, setidaknya menyimpulkan bahwa agama Islam telah menjadi agama resmi masyarakat di utara pulau Sumatera dan baru menyebar ke seluruh Nusantara pada abad ke 13 Masehi.

Namun tentang kapan agama Islam mengalahkan dominasi agama Hindu/Bhuda dan Animisme di Nusantara, para ahli tampaknya sepakat itu terjadi pada abad ke 17. Itu ditandai dengan kerajaan Islam yang berkembang pada era itu selain kerajaan Perlak, yakni Kesultanan Mataram, Ternate dan Tidore, Malaka, Brunei dan Filipina.

Pos terkait