Antisipasi Kenakalan Remaja, Polres Bentuk Tim Pandeka

oleh -1.485 views
Ilustrasi. (*)
PADANG-Dua vidio terkait aksi tawuran di wilayah Padang viral di media sosial instagram. Vidio pertama direkam pada Senin (6/5) atau hari pertama bulan suci Ramadhan. Dalam vidio tersebut terlihat sekelompok pemuda menyerang pemuda lainnya menggunakan kayu dan peralatan lainnya.
Setelah ditelusuri aksi dalam vidio tersebut terjadi didekat Jembatan Pengambiran, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Sementara itu pada vidio kedua yang viral sehari sesudahnya terekam warga panik saat terjadi aksi tawuran antara siswa SD dan SMP di kawasan Jembatan Parak Laweh, Kota Padang.
Sebelumnya, untuk mengantisipasi aksi balap liar, tawuran, serta konflik kerawanan selama bulan Ramadan, Kepolisian Resor Kota Padang berencana akan membentuk tim Pandeka.
Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Hirmawan saat ditanya perihal aksi tersebut mengatakan akan mengantisipasi potensi konflik.
“Potensinya hampir-hampir sama dengan tahun lalu, kami pasti akan mengantisipasi dengan melakukan pengamanan dan patroli pada saat bulan Ramadan. Caranya yaitu dengan akan melakukan patroli di pagi dan malam hari pasca shalat Taraweh serta¬† menjelang sahur,” Ungkapnya.
Dikatakannya, berdasarkan informasi dan pantauan pada saat setelah shalat Subuh banyak masyarakat yang berkumpul, tawuran, atau kenakalan-kenakalan yang lainnya.
“Kita juga akan menempatkan beberapa personel menjelang magrib di beberapa titik-titik kerawanan, seperti di pusat perbelanjaan, tempat keramaian, dan pusat-pusat ekonomi yang berpotensi adanya kerawanan,” katanya.
Ditambahkanya kepada masyarakat agar dapat melaksanakan kegiatan pada bulan Ramadan dengan sebaik-baiknya.
“Tujuan dari kegiatan Ramadan adalah ibadah. Oleh karena itu mari laksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.
“Tim pandeka akan segera dibentuk, tim Pandeka adalah gabungan dari beberapa personel, baik itu dari Reserse maupun Sabhara yang bertugas untuk mengantisipasi potensi-potensi kerawanan yang timbul di bulan Ramadan,” paparnya.(411)
Loading...