Satu Pasien Covid -19 Asal Dharmasraya Meninggal Dunia

dr.Rahmadian

PULAU PUNJUNG – Diinformasikan, satu pasien terpapar Virus Covid-19 asal Kabupaten Dharmasraya, meninggal dunia, Minggu (13/9). Pasien meninggal tersebut tercatat sebagai Pasien 54 atas nama Ny S (63) asal Kecamatan Koto Besar, Dharmasraya. Sebelumnya pasien ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang..

” Berdasarkan informasi sementara yang kami terima, pasien yang bersangkutan terdeteksi secara medis memiliki penyakit penyerta yakni , suspek tumor paru, diabetes melitus, hipertensi dan suspek TB paru. Pasien ini akan dimakamkan sesuai standar protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Dharmasraya, dr. Rahmadian melalui press rilinya, Minggu (13/9).

dr. Rahmadian juga menyampaikan pembaharuan data penanganan Covid-19 di Dharmasraya. Hingga 13 September 2020 total pemantauan terhadap pelaku perjalanan sebanyak 8.225 jiwa dengan total yang masih dalam proses pemantauan sebanyak 330 jiwa.

“Sementara untuk kasus suspek masih sebanyak dua kasus dan penanganan riwayat kontak erat sudah berjumlah sebanyak 2.023 orang dari hasil tracing dan tracking terhadap 61 kasus konfirmasi positif Covid-19 dan sebanyak 1.581 orang sudah selesai dipantau,” terangnya.

Lanjutnya, untuk upaya tindakan treatment bagi para pasien. Dari total 61 kasus positif tersebut sebanyak 38 pasien sudah dinyatakan sembuh dan sebanyak 10 orang dinyatakan meninggal dunia.

Pihaknya kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menjalankan standar protokol kesehatan Covid-19.

“Kami masih menemukan adanya pelanggaran standar protokol kesehatan di sejumlah tempat dan kegiatan, seperti tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak aman dan terdapat beberapa kerumunan yang tidak diikuti dengan penerapan standar protokol secara ketat, ” pungkasnya. (roni)