Cegah Virus Corona Covid, PT KAI Lakukan Penyemprotan

Petugas menyemprotkan disinsfektan dalam gerbong kereta penumpang sebagai pencegahan penularan cirus corona covid 19. rian

PADANG-Mencegah penyebaran Covid-19 atau virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Padang melakukan penyemprotan disinsfektan di dalam kereta api, ruangan kerja hingga di klinik kesehatan di stasiun Simpang Haru, Selasa (17/3/2020).

Kepala Humas PT KAI Divre II Sumbar M. Reza Fahlevi mengatakan, PT KAI melakukan antisipasi penyebaran virus corona dengan berbagai upaya karena kereta api transportasi umum.

“Upaya pencegahan penyebaran virus corona sebelumnya telah dilakukan seperti pemberian masker gratis dan penyediaan antiseptik berupa handsanitizer yang dapat digunakan calon penumpang di setiap stasiun kereta api,” jelasnya pada topsatu, Selasa (17/3/2020).

PT KAI juga melakukan pembersihan kereta sebelum dan setelah digunakan, baik di dalam maupun bagian luar dan juga menyediakan posko kesehatan bagi masyarakat yang kurang sehat.

Reza juga menambahkan, PT KAI Divre II telah mengambil langkah preventif penyebaran virus corona dengan memberlakukan larangan naik KA bagi calon penumpang yang terindetifikasi suspect Covid-19 saat melakukan proses cek boarding pass dengan menempatkan petugas khusus untuk mengecek suhu badan.

Jika saat pengecekan suhu badan ditemukan panas suhu badan calon penumpang mencapai 38 derajat celcius ke atas, dan atas rekomendasi petugas kesehatan, maka calon penumpang dilarang untuk melakukan perjalanan KA.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Padang yang juga Inspektur Pelaksana Satgas penanganan penyebaran virus Corona Pemko Padang, Barlius mengungkapkan, kegiatan penyemprotan cairan disinfektan itu dilakukan ke berbagai tempat fasilitas umum yang ada di Kota Padang seperti sekolah, masjid, angkot dan fasilitas umum lainnya.

“Kali ini, semua gerbong di stasiun kereta api Simpang Haru disemprotkan disinspektan yang merupakan cairan untuk pembunuh virus,” terangnya.

Hal tersebut merupakan langkah awal sebelum dilakukan secara rutin di fasilitas umum diyakini sebagai tempat yang rentan dalam penyebaran virus corona.

“Kamis esok akan dilakukan penyemprotan disinsfektan besar-besaran di berbagai fasilitas umum yang ada di Kota Padang, yang juga berkoordinasi dengan banyak pihak terkait dalam upaya penyemprotannya menghadapi penyebaran covid-19 di Kota Padang,” tambahnya.(rian).