Ukur Kemampuan Pejabat, Pemkab Tanah Datar Lakukan Asesmen

Batusangkar – Dalam upaya menempatkan ASN pada posisi yang tepat, Pemkab Tanah Datar melaksanakan asesmen bagi sebanyak 110 orang pejabat administrator dari eselon tiga.

Kegiatan digelar di aula SMP Negeri 1 Batusangkar, Senin (2/8) diserahkan pada
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Padang.

Penanggungjawab kegiatan LP3M Zulmi Yusra menyatakan, asesmen ini dilakukan melalui psikotest berlangsung selama dua hari. Dimulai dengan tes tertulis dan hari kedua tes wawancara virtual.

“Asesmen ini sebagai upaya mengukur kemampuan dan menempatkan ASN pada posisi yang tepat, misalkan saat ini ditempatkan pada posisi pengelolaan administrasi setelah asesmen ternyata lebih cocok ditempatkan di lapangan tentu patut jadi pertimbangan,” ucapnya.

Hal sama disampaikan Plh. Sekdakab Edi Susanto didampingi Kepala BKPSDM Jasrinaldi. Ia menyebut tujuan asesmen dilakukan untuk mengetahui potensi seorang pejabat. Kemudian, sebagai data atau informasi potensi dimilikinya.

Ini, kata Sekdakab, akan menjadi standar untuk rotasi, mutasi bahkan promosi sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam artian kegiatan ini bukan pertama kali dilaksanakan di Tanah Datar.

Bupati Eka Putra juga meninjau pelaksanaan asesmen. Ia menambahkan asesmen ini juga berguna dalam melihat data potensi sumber daya manusia pada Pemkab.

Sementara, salahseorang koordinator Asesmen Yuninda Tria Ningsih mengatakan, peserta ini diukur dalam beberapa hal kemampuan, yakni kemampuan mengelola tugas, kemampuan mengelola diri sendiri dan orang lain serta kemampuan pengembangan diri ata orang lain.

“Dari hasil asesmen ini kita akan berikan hasil secara individual. Dari sanalah kita dapat melihat data potensi para peserta,” ujar Yuninda. (ydi)