Warga Timpeh Butuh Pembangunan Tower Telekomunikasi

  • Bagikan
Para pelajar duduk bersila di lahan tanah sawah yang sudah mengering guna mendapatkan jaringan internet untuk mengerjakan tugas dari sekolah. ( ist )
PULAU PUNJUNG – Agaknya, pembangunan infrastruktur teknologi dan komunikasi masih menjadi pekerjaan rumah bagi pasangan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati Dasril Panin Dt Labuan.
Pembangunan infrastruktur telekomunikasi atau Base Transceiver Station ( BTS) ini masih perlu sentuhan dan penguatan di daerah- daerah tertentu. Terutama di wilayah- wilayah pelosok yang jaringan internetnya masih lemah, sehingga menyulitkan warga setempat berhubungan dengan berbagai macam kepentingan, mulai dari pendidikan, bisnis, hingga jaringan pemerintah yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya.
Salah satunya Jorong Saiyo Sakato Beringin Sakti, Nagari Taratak Tinggi, Kecamatan Timpeh, Dharmasraya sangat membutuhkan sentuhan atau pembangunan  Base Transceiver Station ( BTS), tower telekomunikasi. Diwilayah tersebut terdapat fasilitas seperti 3 unit Sekolah Dasar ( SD), 3 unit SMP, 1 unit MA, 1 unit puskesmas, dan 1 unit Pondok Pesantren.
Semua fasilitas tersebut sangat membutuhkan penguatan jaringan internet dan telekomunikasi. Sekarang ini, agar mendapatkan jaringan internet dan telekomunikasi yang bagus masyarakat harus mencari titik- titik tertentu. Bahkan para pelajar, dan mahasiswa rela duduk bersila dan jongkok diatas tanah sawah yang sudah mengering. Hal ini mereka lakukan agar kewajiban atau tugas belajar mereka tuntas.
Anggota DPRD Dharmasraya, Cecep Nurjaman yang juga penduduk setempat mengaku sangat prihatin dengan kondisi para pelajar dan mahasiswa tersebut. Menurutnya, setiap ada tugas dari sekolah atau kampus para pelajar, mahasiswa ini harus mengerjakan tugas di alam terbuka, di pondok- pondok sawah, bahkan berjemur ditengah teriknya matahari, duduk bersila dan jongkok di atas tanah sawah yang sudah mengering.
“Iba kita melihat mereka. Untuk itu, saya berharap pemerintah daerah membangun infrastruktur telekomunikasi atau Base Transceiver Station ( BTS) dan penguatan jaringan internet dan telekomunikasi di Jorong Saiyo Sakato Beringin Sakti, Nagari Taratak Tinggi, Kecamatan Timpeh ini,” ungkap Politisi NasDem ini kepada Singgalang, Minggu ( 1/8).
Cecep Nurjaman menambahkan, warga di sana tidak mendapat jaringan internet sebagus di wilayah-wilayah lainnya yang ada di Dharmasraya. Di sisi lain, warga juga menghadapi kondisi yang sama akibat pandemi Covid- 19. Semua anak mesti belajar dari rumah, namun kualitas internet tidak bangus.
“Selain pelajar dan mahasiswa falitas umumnya lainnya juga membutuhkan penguatan jaringan internet dan telekomunikasi seperti, 3 unit Sekolah Dasar ( SD), 3 unit SMP, 1 unit MA, 1 unit puskesmas, dan 1 unit Pondok Pesantren. Ini harus menjadi perhatian serius pemerintah,” pungkasnya.
Terpisah Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Dharmasraya, Reno Lazuardi mengatakan, pemerintah daerah memiliki harapan dan keinginan yang sama dalam hal ini. Pemerintah telah mengupayakan penguatan jaringan internet dan telekomunikasi di wilayah tersebut.
“Kita telah menghubungi pihak Telkomsel untuk memperkuat jaringan internet dan telekomunikasi di wilayah itu. Kami juga berharap masyarakat bersabar dalam hal ini,” katanya.
Menurutnya, tidak hanya di wilayah Jorong Saiyo Sakato Beringin Sakti, Nagari Taratak Tinggi, Kecamatan Timpeh. Wilayah lainnya yang  tidak tersentuh atau tidak terlingkupi oleh sinyal internet dan komunikasi sudah diusulkan pihaknya ke pihak terkait.
“Kami akan terus berupaya agak harapan ini bisa terealisasi. Yang terpenting adalah masyarakat bersabar,” pungkasnya. (roni)
  • Bagikan