Warga Solok Selatan Keluhkan Rastra tak Layak Konsumsi

Ilustrasi. (beritadaerah)

PADANG ARO – Warga Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan mengeluhkan kualitas beras sejahtera (Rastra) tidak layak konsumsi, Rabu (23/5).

Sekretaris Nagari Delvi ketika ditemui menyatakan Rastra untuk masyarakat penerima manfaat di nagari ini berjumlah sekitar 489 kepala keluarga (KK) dari 14 Jorong.

“Rastra ini baru datang, untuk pasokan April – Mei. Tiap warga penerima manfaat mendapatkan kuota Rastra seberat 10 kg/KK tanpa ada uang tebusan,” kata Delvi.

Namun, ia menyayangkan kualitas beras saat ini tidak sebaik kualitas Rastra pada bulan sebelumnya.

“Tadi saat bersama beberapa wali jorong dicoba dibuka, ternyata beras kotor berwarna kuning,” ungkapnya.

Menyikapi hal itu, pihaknya belum berani mendistribusikan pada warga. Pihaknya akan diskusi terlebih dahulu dengan para wali jorong sebelum melakukan distribusi rastra itu. “Kita minta pendapat dulu sama pihak jorong dan pihak Bulog, apakah beras ini bisa ditukar kembali,” lanjutnya.

By Susanti, seorang Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Pakan Rabaa Tengah, menyesalkan kualitas Rastra untuk April-Mei ini. “Saya tidak menerima beras seperti ini dan harus dikembalikan atau ditukar. Kadang ada juga ditemukan beras seperti tepung. Kami ingin beras yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” keluhnya.