Walikota Harapkan Lahir Buya Hamka Corner di Padang Panjang

oleh -128 views
Walikota Fadly Amran saat acara bedah buku Ensiklopedia Buya Hamka. (ist)

PADANG PANJANG  – Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) menyelenggarakan bedah buku “Ensiklopedia Buya Hamka”, Sabtu (6/7) di Auditorium Mifan Water Park. Kegiatan itu dibuka Walikota Fadly Amran.

Bedah buku tersebut mendatangkan sejumlah narasumber, salah satunya anak Buya Hamka sendiri, yakni Buya Hafif Hamka. Narasumber lainnya adakah DR. Izza Rohman dan Rifma Gulam Dzaljad. Bedah buku itu moderatori oleh DR. Sulaiman Juned, penulis yang juga dosen ISI Padang Panjang.

Fadly mengaku suka dan terkesan dengan karya yang dihasilkan Buya Hamka. Ia memiliki perhatian terhadap perkembangan pendidikan di Padang Panjang. Hal itu dibuktikan dengan karier dan kehidupan Hamka di selama di Padang Panjang.

Ia mengharapkan adanya arsip bagi Padang Panjang tentang kehidupan Buya Hamka. “Kami berharap agar adanya Buya Hamka corner untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait kehidupan Buya Hamka itu sendiri,” harapnya.

Dengan adanya bedah buku itu, diharapkan masyarakat dapat mengenal lebih jauh bagaimana sosok Buya Hamka. Warga Malaysia saja sangat menggenal Buya Hamka, semestinya warga Sumbar termasuk Padang Panjang lebih mengenalnya lagi.

Buya Hafif Hamka mengatakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi dirinya dan keluarga ketika banyak orang yang selalu mengenang karya yang telah dihasilkan oleh orangtuanya. Harapannya, gagasan-gagasan yang dimiliki oleh Buya Hamka dapat memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Alvi Sena menyampaikan bahwa bedah buku itu merupakan kelanjutan kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kota Padang Panjang dengan Universitas Hamka. Buku “Ensiklopedia Buya Hamka” itu pertama kali dibedah di Padang Panjang. (Jas)

Loading...