Valoranews Bersama GPII Sumbar dan Alumni PT Yogyakarta Asal Sumbar Ikut Berkurban

  • Whatsapp
Hewan kurban pengurus GPII Sumbar berkolaborasi dengan Valoranews dan alumni perguruan tinggi di Yogyakarta asal Sumbar.

PADANG – Pengurus GPII Sumbar dan persaudaraan alumni perguruan tinggi di Yogyakarta asal Sumbar bekerjasama dengan valoranews.com dengan serta rekan lainnya, menginisiasi pelaksanaan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 1442 H ini. Terkumpul sebanyak 2 ekor sapi dengan besaran pertujuhannya Rp2,5 juta.

 “Kesepakatan bersama, pemotongan hewan kurban dilaksanakan di Mushola Nur Hidayah Kelurahan Lolong Belanti, kecamatan Padang Barat,” ungkap salah seorang inisiator kurban kolaboratif ini, Zaiyardam Zubir, Rabu (20/7/2021). 

Read More

Dijelaskan Zaiyardam, pilihan lokasi berkurban ke daerah ini, selain faktor jemaah mushola yang termasuk kaum miskin kota (KMK), lokasi ini juga sudah beberapa tahun terakhir tak pernah melaksanakan penyembelihan hewan kurban. 

“Pada pelaksanaan kurban tahun lalu, kami hanya menyalurkan 20-an kantong kresek daging kurban ke kawasan ini. Penyaluran ini berkat informasi dari seorang rekan sesama alumni Yogyakarta yang tinggal di sekitar kawasan itu,” terangnya. 

“Pada pelaksanaan kurban 1442 H ini, rekan tersebut kembali mengingatkan. Sehingga, pengumpulan peserta memang dimaksudkan untuk diperuntukan ke tempat ini,” tambah Zaiyardam.

Ketua Pengurus Musholla Nur Hidayah, Feri Yulisman mengucap kata syukur, atas bantuan 2 ekor sapi ke daerahnya tersebut. Feri mengakui, ditempatnya itu memang sudah cukup lama tak ada dilaksanakan penyembelihan hewan kurban.

“Alhamdulillah, selain bantuan dari valoranews.com, GPII dan alumni dari Yogyakarta, kami juga menerima bantuan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi lagi dari warga sekitar TMP Lolong,” ungkap Feri. 

Diceritakan Feri, pada 2020 lalu, atap Mushola Nur Hidayah ini mengalami rusak cukup berat usai diterjang angin puting beliung. Kerusakan ini kemudian diinformasikan ke WhatsApp Grup (WAG) perangkat RT se-Kelurahan Lolong Belanti. Juga diunggah ke berbagai WAG lainnya. 

“Alhamdulillah, cukup banyak donatur yang ikut berkontribusi untuk perbaikan atap mushola ini,” terangnya. 

“Pada Idul Adha 1442 H, berdasarkan rapat warga, pengurus berinisiatif untuk mencoba melaksanakan ibadah kurban. Sebagai pemancing, dua orang jamaah Mushalla Nur Hidayah, dituliskan sebagai peserta perdana,” tambah Feri.

Kemudian, terang Feri, dia berinisiatif mengajak donatur perbaikan atap mushola untuk ikut berkurban bersama jemaah lainnya. “Berkat rahmat Allah, bisa terkumpul 3 ekor sapi yang kemudian bertambah pula 2 ekor dari Pak Zaiyardam bersama rekan-rekan,” ungkapnya. 

Direncanakan, 5 ekor sapi ini akan disembelih usai pelaksanaan Shalat Idul Adha yang juga digelar di mushalla tersebut. Sebanyak 300 ekor kupon disiapkan untuk dibagikan pada masyarakat sekitar. 

“Penerima kupon dari Mushola Nur Hidayah ini berasal dari RT 03 dan RT 04 pada RW 02 Kelurahan Lolong Belanti. RT 03 merupakan warga sekitar musholla, sedangkan RT 04 merupakan warga yang di dekat ke belakang Hotel Pangeran Beach,” terangnya. (benk)

Related posts