Turun ke Sawah, Bupati dan DPRD Dharmasraya Perkuat  Ketahanan Pangan

  • Whatsapp
Bupati Sutan Riska bersama ketua DPRD Pariyanto, turun bersama menanam padi. (Fery Piliang)

PULAU PUNJUNG – Memasuki new normal baru Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD Pariyanto, Danramil 03 Pulau Punjung  Kapten CAj Tuti Andayani didampingi Kadis Pertanian Darisman turun ke sawah  melakukan tanam padi perdana di hamparan sawah Gapoktan Bina Tani Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung,  Selasa (23/6).

“Diharapkan seluruh petani Dharmasraya dapat termotivasi juga untuk melakukan percepatan tanam padi di lahan masing-masing. Percepatan penanaman padi di masa pandemi ini, dapat memberikan peluang untuk meningkatkan produksi pangan dan produktifitas hasil yang meningkat terutama padi sawah,”terang Bupati.

Darisman pada kesempatan itu mengatakan tahun ini, agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Seiring dengan terjadi musibah covid – 19 yang tengah melanda negeri ini, maka diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan penanaman padi yang disebut Laporan Tambah Tanam (LTT) dengan luasan mencapai 16.255 hektar, dengan indeks pertanaman sebesar 248 hektar.

“Dalam penanaman padi ini, sangat diperlukan sinergi antara petani dengan penyuluh pertanian yang berada di lapangan. Dengan ada saling kerjasama tentu kebutuhan beras masyarakat tercapai dan akan melebihi setiap tahunnya,”akunya.

Ditambahkan Darisman sebagai alat pendukung untuk menggenjot produksi pertanian, terutama padi sawah katanya, pemerintah telah memberikan bantuan  berupa alat perlengkapan pertanian diantaranya  mesin traktor, alat tanam, rice transplanter, combine, thresher dan lainnya. Ini semua sesuai dengan permintaan dan kebutuhan petani saat ini,” tukasnya. (Fery)

 

Pos terkait